CEK FAKTA: Tidak Benar Air Kelapa, Jeruk Nipis dan Garam Bisa Hilangkan Covid-19

Senin, 17 Agustus 2020 15:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Air Kelapa, Jeruk Nipis dan Garam Bisa Hilangkan Covid-19 Ilustrasi air kelapa muda. ©Shutterstock.com/tiverylucky

Merdeka.com - Informasi ramuan herbal menghilangkan virus Covid-19 beredar di media sosial Facebook. Ramuan tersebut terdiri dari campuran air kelapa muda, perasan jeruk nipis, serta garam.

tangkapan layar hoaks air kelapa jeruk nipis dan garam sembuhkan covid 19

Istimewa

"Ini obat pemberian dari TUHAN yg mudah didapat yg sangat manjur..
1 biji air kelapa muda
1 biji jeruk nipis diperas
1 sendok makan garam
Semuanya diaduk dan diminum airnya... dijamin 1 jam kemudian virusnya akan hilang....
Mudah mudahan semua dalam keadaan sehat walafiat.."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi campuran air kelapa muda, perasan jeruk nipis dan sesendok garam sebagai obat untuk menghilangkan virus Covid-19 adalah tidak benar.

Dalam artikel antaranews berjudul "Campuran air kelapa, jeruk nipis, dan garam dapat obati COVID-19? Ini faktanya" pada 16 Agustus 2020, dijelaskan bahwa ramuan tersebut belum teruji secara resmi untuk menyembuhkan Covid-19.

"Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) hingga kini belum mencatat adanya ramuan atau suplemen herbal yang dapat menyembuhkan virus corona jenis baru atau Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2).

"Tidak. Saat ini tidak ada bukti yang mendukung penggunaan suplemen herbal untuk mencegah atau menyembuhkan COVID-19," jelas organisasi yang bermarkas di Jenewa, Swiss, dalam laman resminya.

Sebagai upaya untuk menjaga kesehatan masyarakat dari infeksi COVID-19, ilmuwan di seluruh dunia sedang berlomba-lomba menciptakan vaksin corona baru itu.

Namun karena belum ada vaksin yang memenuhi syarat, WHO membuka ruang pemanfaatan obat herbal tradisional sebagai alternatif penyembuhan. Dengan catatan, obat herbal itu harus melalui uji klinis terlebih dahulu, sebagaimana diberitakan Sindonews.com pada 9 Mei 2020.

“Terapi pengobatan tradisional dan alamiah harus menjalani uji klinis untuk mengetahui aspek efektivitas dan keselamatan,” demikian pernyataan Kantor WHO wilayah Afrika, dilansir Reuters.

WHO menekankan sikap kehati-hatian karena banyak informasi salah di media sosial tentang efektivitas pengobatan tradisional."

Kesimpulan

Informasi ramuan herbal yang terdiri dari air kelapa, jeruk nipis dan garam untuk menyembuhkan Covid-19 adalah tidak benar. Hingga saat ini, tiga bahan ramuan tersebut belum terbukti sembuhkan Covid-19, dan belum melalui tahapan uji klinis sesuai ketentuan WHO.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini