CEK FAKTA: Tidak Benar Air Jeruk Nipis Berfungsi Bersihkan Paru-Paru Perokok

Senin, 27 September 2021 14:03 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar Air Jeruk Nipis Berfungsi Bersihkan Paru-Paru Perokok Ilustrasi air jeruk nipis. ©Shutterstock

Merdeka.com - Beredar narasi di media sosial Facebook bahwa konsumsi air jeruk nipis bisa membantu membersihkan paru-paru perokok.

Dalam unggahan disebutkan air jeruk nipis diklaim dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kebiasaan merokok. Berikut narasinya:

"Jeruk nipis memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan, seperti vitamin, mineral dan lainnya.

Sehingga, air jeruk nipis dapat menurunkan kadar nikotin hingga 70,65% dalam tubuh. Bahkan, jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan kebiasaan merokok.

Semoga bermanfaat."

hoaks jeruk nipis bisa bersihkan paru paru
Kominfo

Penelusuran

Hasil penelusuran, bahwa konsumsi air jeruk nipis diklaim bisa membantu membersihkan paru-paru perokok adalah tidak benar.

Dilansir dari merdeka.com berjudul "Air Jeruk Nipis Berfungsi Bersihkan Paru-Paru Perokok Hanya Sebuah Mitos" pada 22 Februari 2020. Dokter Spesialis Paru Mohammad Arifin Nawas, mengatakan klaim air jeruk nipis bisa membersihkan paru-paru perokok adalah mitos.

"Salah, mitos," kata Arifin.

Menurutnya, tidak ada hubungan antara paru-paru dengan air jeruk nipis. “Paru-paru itu beda, kan dia saluran napas. Kalau jeruk nipis kan masuk melalui lambung, jadi enggak akan menuju ke sana,” jelas Arifin.

Arifin memaparkan bahwa air jeruk nipis hanya bisa mengatasi gejala batuk. “Rasanya sih kalau gejala batuk mungkin bisa, tapi bukan membersihkan paru-paru dari asap rokok, bukan,” katanya.

Untuk mengatasi masalah ini, Arifin mengatakan bahwa untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok dapat menggunakan obat-obatan yang disebut mukolitik. Selain itu, dapat juga melakukan kultur dahak, atau sputum.

"Kita menggunakan obat-obatan yang nanti menghasilkan, yang kita sebut dengan sputum. Sputumnya dibersihkan sehingga bisa mengeluarkan sisa-sisa yang ada di saluran pernapasan. Jadi berupa obat, yang mukolitik," katanya.

Selain dari pengobatan medis, Arifin menegaskan bahwa bahan-bahan alami belum bisa membersihkan paru-paru, dan dalam menanggapi air jeruk nipis sebagai solusi, dia menjawab teori tersebut tidak berdasarkan bukti yang jelas.

Walaupun rokok memiliki dampak minimal 30 tahun, Arifin menyarankan siapapun untuk tidak merokok, karena kemampuan paru-paru akan berkurang setiap kali setelah merokok.

Selain itu, ketika seseorang sudah merokok akan sulit untuk berhenti karena kandungan nikotin di dalamnya.

"Jadi kalau orang merokok tembakau itu, nikotin akan lengket pada saraf-saraf di otak, sehingga nanti kalau bau rokok, dia jadi ingin merokok lagi," jelas Arifin.

Kesimpulan

Air jeruk nipis diklaim bisa membersihkan paru-paru bagi perokok hanya mitos. Untuk membersihkan paru-paru dari asap rokok dapat menggunakan obat-obatan yang disebut mukolitik. Selain itu, dapat juga melakukan kultur dahak, atau sputum.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/sehat/air-jeruk-nipis-berfungsi-bersihkan-paru-paru-perokok-hanya-sebuah-mitos.html?page=all [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Jeruk Nipis
  4. Paru Paru
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini