CEK FAKTA: Tidak Benar Ada Tsunami Kecil di Pangandaran Usai Gempa Saat Lebaran

Rabu, 27 Mei 2020 12:01 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Ada Tsunami Kecil di Pangandaran Usai Gempa Saat Lebaran Tsunami Pangandaran. ©2013 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar video tsunami yang diklaim di Pangandaran, Jawa Barat. Penyebar video mengklaim tsunami kecil terjadi di Pangandaran usai gempa bermagnitudo 5,1 saat lebaran.

hoaks video pangandaran tsunami
Twitter

"Suasana Pantai Pangandaran, mengerikan," kata seseorang di dalam video tersebut.

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video yang diklaim tsunami di Pangandaran usai gempa adalah tidak benar. Dalam artikel pikiran-rakyat.com berjudul "Kabar Pangandaran Tsunami Setelah Diguncang Gempa Bumi Kemarin itu Hoaks" pada 25 Mei 2020, dijelaskan bahwa tidak ada tsunami kecil di Pangandaran.

Disampaikan Ketua BPC PHRI Kab Pangandaran Agus Mulyana menyatakan bahwa pantai Pangandaran dalam keadaan aman pasca diguncang gempa bumi.

"Jadi berita yang beredar kemarin saya nyatakan itu hoaks. Saya juga berharap kepada para pelaku wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk meng-share di media sosial bahwa pantai Pangandaran saat ini dalam keadaan aman," ujar Agus, Senin, 25 Mei 2020 sebagaimana dilaporkan wartawan Kabar Priangan AGUS KUSNADI.

Hal yang sama juga disampaikan oleh anggota Satgas Balawista Kab Pangandaran Dodo Taryana. Menurutnya, kondisi pantai Pangandaran saat ini masih aman meski sedang terjadi pancaroba yang setiap tahun terjadi.

"Saya sampaikan kepada masyarakat terutama masyarakat di luar Pangandaran, bahwa di Pangandaran tidak terjadi apa-apa dan masih kondusif paska gempa bumi kemarin, ini hanya pasang tahunan yang disebut pancaroba, ombaknya juga kecil, bahkan ada beberapa warga yang sedang berenang di pantai barat Pangandaran," ujar Dodo.

Kemudian dalam artikel merdeka.com berjudul "Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Pangandaran" pada 24 Mei 2020, dijelaskan gempa tidak menimbulkan tsunami.

Gempa dengan magnitudo 5,1 mengguncang wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Gempa terjadi pukul 14.11 WIB.

Dikutip dari Twitter resmi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Sabtu (24/5), lokasi gempa berada di 8.21 LS dan 107.86 BT. Atau 90 kilometer Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 13 kilometer.

Gempa tidak berpotensi tsunami. Gempa dirasakan di sejumlah wilayah seperti Garut dan Cilacap.

Kesimpulan

Video tsunami kecil yang diklaim berada di Pangandaran usai gempa adalah tidak benar. Tidak ada tsunami kecil di Pangandaran. Gempa yang terjadi juga tidak menimbulkan tsunami.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini