CEK FAKTA: Tidak Ada Kebakaran di Stadion Piala Dunia 2022

Selasa, 29 November 2022 18:02 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Ada Kebakaran di Stadion Piala Dunia 2022 CEK FAKTA: Tidak Ada Kebakaran di Stadion Piala Dunia 2022. ©AFP

Merdeka.com - Unggahan yang mengeklaim telah terjadi kebakaran di stadion Piala Dunia 2022 Qatar, beredar di Facebook. Dalam video terlihat api dan asap yang membubung tinggi di bangku penonton.

Video tersebut bernarasi:

"Kebakaran yang mengerikan di stadion Piala Dunia. Intensitas kebakaran pada tingkat yang masif, peringatan merah di Qatar," tulis narasi akun Facebook yang diunggah pada 23 November.

cek fakta tidak ada kebakaran di stadion piala dunia 2022
©AFP
2 dari 3 halaman

Penelusuran

Dikutip dari AFP, klaim terjadi kebakaran di stadion Piala Dunia adalah keliru. Video aslinya penggemar sepak bola menyalakan kembang api pada pertandingan di Jerman pada Mei 2018, setelah degradasi bersejarah Hamburg dari liga Bundesliga.

Video yang sama sebelumnya diunggah di YouTube pada 13 Mei 2018 oleh saluran olahraga dan hiburan Jerman 4S-TV. Judul videonya berbunyi: "Hamburger SV - Borussia Mönchengladbach | Kerusuhan Piro & Gangguan Permainan | 12.05.2018."

Deskripsi itu berbunyi: "Setelah 55 tahun di 1. Bundesliga, dinosaurus sepak bola Jerman turun ke 2. Bundesliga".

Hamburg terdegradasi dari liga Bundesliga untuk pertama kalinya dalam sejarahnya pada tahun 2018, karena kemenangan atas Borussia Moenchengladbach terbukti terlambat.

Juara Jerman enam kali itu adalah satu-satunya tim yang bermain di setiap musim Bundesliga sejak peresmian liga pada tahun 1963, membuat mereka mendapat julukan "dinosaurus".

Perjalanan musim ke-55 yang membanggakan di kasta tertinggi Jerman berakhir buruk, ketika para penggemar Hamburg menyalakan kembang api, melepaskan awan asap hitam melintasi Volksparkstadion, memaksa permainan dihentikan hanya beberapa menit dari waktu.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim terjadi kebakaran di stadion Piala Dunia adalah keliru. Video aslinya penggemar sepak bola menyalakan kembang api pada pertandingan di Jerman pada Mei 2018.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=YVzNpl2i5sk
https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.32TB9F9

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini