CEK FAKTA: Telkom Sebut Tidak Benar Internet Mati Total pada 24-30 September 2021

Rabu, 22 September 2021 18:10 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Telkom Sebut Tidak Benar Internet Mati Total pada 24-30 September 2021 ilustrasi internet. © lynn-library.libguides.com

Merdeka.com - Beredar kabar yang menginformasikan bahwa layanan internet akan mati total dari tanggal 24 sampai 30 September 2021. Internet mati disebabkan karena adanya perbaikan jaringan bawah laut.

Berikut narasinya:

"Mulai tanggal 24-30 september jaringan internet bakal mati total..karna ada perbaikan jaringan bawah laut sdalam 20 menter...jadi dgn kaget selama 6 hari gak ada sinyal."

hoaks jaringan internet mati tgl 24 30 september 2021

Penelusuran

Setelah ditelusuri, kabar jaringan internet akan mati total pada tanggal 24 sampai 30 September adalah tidak benar.

Dilansir dari Liputan6.com, Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia Tbk, Pujo Pramono mengatakan bahwa informasi internet mati total pada 24 hingga 30 September 2021 karena perbaikan jaringan bawah laut adalah hoaks.

"Dapat kami sampaikan bahwa berita dan video tersebut adalah hoaks," kata Pujo kepada Liputan6.com, Rabu (22/9/2021).

Pujo mengimbau, kepada masyarakat agar tidak mempercayai dan menyebarkan informasi palsu atau hoaks terkait internet mati selama 6 hari itu.

"Telkom akan menyampaikan perkembangan peningkatan kualitas layanan melalui penyataan resmi secara berkala," ucap Pujo.

Selain itu, Pujo menambahkan bahwa pihaknya terus mengupayakan percepatan untuk peningkatan kualitas layanan fixed dan mobile broadband.

Ia memastikan, layanan mulai membaik secara bertahap di beberapa lokasi sejalan dengan penambahan kapasitas jaringan yang cukup memerlukan waktu.

"Dengan diketahuinya titik gangguan di sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," katanya.

Kesimpulan

Informasi internet mati akan total pada 24 hingga 30 September 2021 karena perbaikan jaringan bawah laut adalah hoaks.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4664968/cek-fakta-hoaks-kabar-layanan-internet-mati-total-pada-24-hingga-30-september-2021 [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini