CEK FAKTA: Tak Benar Truk Kontainer Tabrak Pemotor di Surabaya, Kejadian di Vietnam

Senin, 5 April 2021 14:36 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tak Benar Truk Kontainer Tabrak Pemotor di Surabaya, Kejadian di Vietnam Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Video truk kontainer menabrak puluhan pengendara motor sedang berhenti di persimpangan lampu merah diklaim terjadi di Surabaya, Jawa Timur.

Dalam video berdurasi 30 detik terlihat dari arah belakang, sebuah truk kontainer hilang kendali dan menabrak pengendara motor yang sedang menunggu lampu lalu lintas.

tak benar truk kontainer tabrak pemotor di surabaya kejadian di vietnam
Turnbackhoax

Penelusuran

Hasil penelusuran, ditemukan bahwa video ini tidak direkam di Indonesia, melainkan di Vietnam. Tulisan yang terlihat di bagian bawah video itu juga bukanlah tulisan dalam bahasa Indonesia, melainkan bahasa Vietnam.

Dilansir dari Tempo dalam artiker berjudul "Keliru, Klaim Ini Video Truk Kontainer yang Tabrak Puluhan Motor di Menganti Surabaya", video tersebut pernah diunggah ke situs database GIF, Gfycat, pada 22 Januari 2019. Video itu bersumber dari YouTube.

Namun, di YouTube, video ini telah dihapus. Dalam keterangannya yang ditulis dalam bahasa Vietnam, tertulis bahwa video itu menunjukkan truk kontainer yang menabrak lebih dari 20 pengendara motor yang berhenti di sebuah persimpangan di Long An. Long An merupakan salah satu provinsi di Vietnam.

Video yang sama juga ditemukan di situs berbahasa Turki, Mynet.com. Menurut situs ini, video itu menunjukkan truk kontainer yang remnya blong yang menabrak 20 pengendara motor di sebuah persimpangan lampu merah. Menurut pejabat polisi Vietnam, Kolonel Nguyen Van Duc, akibat kecelakaan truk tersebut, tiga pengendara motor tewas. Sementara pengemudi truk itu melarikan diri dari lokasi kejadian, walaupun akhirnya tertangkap.

Tempo kemudian menelusuri pemberitaan terkait di situs-situs media. Dilansir dari Suara.com, kecelakaan truk ini terjadi pada 2 Januari 2019. Menurut laporan situs media Vietnam, VnExpress, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 15.30 di Distrik Ben Luc, Provinsi Long An, Vietnam.

Karena hilang kendali, truk tersebut menabrak 20 pengendara motor. Beberapa pengendara terseret sejauh hampir 250 meter. Akibat insiden ini, enam orang meninggal dan 22 orang luka parah. Sementara itu, sopir truk kontainer tersebut yang bernama Pham Thank Hieu, 32 tahun, melarikan diri dari lokasi kecelakaan.

Dikutip dari Liputan6.com, pada awal Januari 2019, video itu sempat disebarkan dengan klaim bahwa kejadian tersebut terjadi di Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur. Namun, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur ketika itu, Komisaris Besar Frans Barung Mangera, telah membantah bahwa kecelakaan truk dalam video ini terjadi di wilayahnya. "Video itu terjadi di Vietnam bukan di Pandaan, Pasuruan, atau di wilayah Jawa Timur yang lainnya," tutur Barung pada 3 Januari 2019.

Kesimpulan

Klaim video truk menabrak pengendara motor di Surabaya adalah tidak benar. Faktanya, truk kontainer yang menabrak pengendara motor terjadi di Vietnam pada tahun 2019 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://cekfakta.tempo.co/fakta/1311/keliru-klaim-ini-video-truk-kontainer-yang-tabrak-puluhan-motor-di-menganti-surabaya [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Ragam Konten
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini