CEK FAKTA: Penjelasan Polri Soal Penembakan Siswa SMA di Papua

Selasa, 20 April 2021 12:02 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Penjelasan Polri Soal Penembakan Siswa SMA di Papua KKB serang TNI-Polri di Puncak Papua. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi TNI dan Polri menembak siswa SMA di Papua beredar di media sosial. Informasi itu juga menyebutkan nama siswa SMA yang ditembak, yakni Ali mom pada Kamis 15 April 2022.

informasi siswa sma ditembak di papua
turnbackhoax

"Pelanggaran HAM terus terjadi di kab puncak papau yang di lakuna oleh TNI/POLRI terhadap warga sipil setempat di kab puncak Papua di mana kehadilan bagi rakyat,

Penembakan mati terhadap suswa SMA, Ali mom pada hari kamis 15/04/2022".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel merdeka.com berjudul "KKB Kembali Berulah, Tembak Pelajar SMA di IIaga Papua hingga Tewas di Tempat" pada 16 April 2021, dijelaskan bahwa KKB Papua yang mengakui menembak siswa SMA tersebut.

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi penembakan terhadap seorang pelajar SMA di Kampung Tagaloa, Kabupaten Puncak Ilaga. Hal tersebut terjadi saat Tim Satgas Nemangkawi sedang berkonsentrasi menangani kasus di Beoga, Kabupaten Puncak.

Kasatgas Humas Operasi Nemangkawi Kombes Iqbal Al Qudussy menyampaikan, peristiwa terjadi pada Kamis 15 April 2021. Korban atas nama Ali Mom merupakan pelajar kelas 1 SMAN I Ilaga.

"Satgas Nemangkawi TNI Polri yang berada di distrik Ilaga sedang melakukan pengejaran KKB pelaku penembakan keji anak SMA ilaga," tutur Iqbal dalam keterangannya, Jumat (16/4).

Menurut Iqbal, pada Kamis 15 April 2021 sekitar jam 07.00 Wit, korban menerima telepon dari orang tidak dikenal yang memintanya membelikan rokok dan pinang dan diantarkan ke Kampung Uloni, Ilaga, Kabupaten Puncak.

Korban kemudian mengantarkan barang belanjaan tersebut menggunakan sepeda motor. Namun, sesampainya di pinggir jalan Kampung Uloni, dia langsung ditembaki dengan menggunakan senjata api sebanyak dua kali di bagian kepala.

"Korban tewas di TKP sementara sepeda motor yang digunakan korban dibakar oleh orang tidak dikenal," jelas dia.

Jenazah korban sudah dievakuasi ke kediamannya di Jalan Pinggir Kampung Lambet, Ilaga, Kabupaten Puncak, pagi ini. Berdasarkan penelusuran telepon, didapati identitas tersangka atas nama Lerrymayu Telenggen.

Lerrymayu mengabarkan kepada Legakak Telenggen lewat SMS bahwa dirinya telah melakukan penembakan terhadap Ali Mom. Hanya saja, dia menyebut tidak mengetahui korban adalah sipil atau aparat keamanan.

"Melalui hasil komunikasi tersebut dapat disimpulkan bahwa Lerrymayu salah tembak dan mengira korban adalah aparat keamanan yang kemudian ditembak saat korban mengantarkan pinang dan rokok," kata Iqbal.

Kesimpulan

Informasi TNI/Polri yang menembak siswa SMA di Papua adalah hoaks. KKB Papua mengaku menembak siswa SMA tersebut. Salah satu anggota KKB Papua mengaku salah tembak, karena mengira siswa SMA tersebut aparat keamanan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini