CEK FAKTA: Jokowi Bukan Presiden Pertama yang Menginjakkan Kaki di Tanah Papua

Kamis, 14 Oktober 2021 12:46 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Jokowi Bukan Presiden Pertama yang Menginjakkan Kaki di Tanah Papua Jokowi dan Iriana di Papua. ©2019 BPMI Setpres

Merdeka.com - Beredar video yang mengklaim bahwa Jokowi adalah presiden pertama yang menginjakkan kaki di tanah Papua. Dalam pidato itu Jokowi menceritakan perjalanan ke Kabupaten Nduga yang membutuhkan waktu 4 hari karena sulitnya akses.

Video tersebut juga terdapat kutipan "Presiden Pertama yang Menginjakan Tanah Papua".

jokowi bukan presiden pertama yang menginjakkan kaki di tanah papua
kominfo

Penelusuran

Dilansir dari laporan hoaks Kominfo, Jokowi, presiden pertama yang menginjakkan kaki di tanah Papua adalah tidak benar. Video itu berisi saat Presiden Jokowi berpidato tentang kunjungannya ke Kabupaten Nduga, Papua, pada Maret 2018. Video asli yang berdurasi 15:41 menit diunggah di kanal Youtube Kementerian Sekretariat Negara RI.

Mayoritas mantan presiden mulai dari Soeharto, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono tercatat pernah menginjakkan kaki di tanah Papua. Hanya saja, tidak ada data yang cukup apakah mereka pernah datang ke Kabupaten Nduga atau tidak.

Presiden Soeharto datang pertama kali ke Irian Barat (nama sebelum Papua) pada 1969 dan 1973. Presiden Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, datang ke Papua pada 1999 dan 2000.

Presiden Megawati Soekarnoputri mengunjungi Kota Jayapura pada perayaan Natal 25 Desember 2003. Terakhir, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sudah beberapa kali berkunjung ke Papua, yaitu pada 2010, 2012, dan 2014.

Kesimpulan

Jokowi adalah presiden pertama yang menginjakkan kaki di tanah Papua adalah tidak benar. Faktanya, Presiden Indonesia, mulai dari Soeharto, Abdurrahman Wahid, Megawati Soekarnoputri, hingga Susilo Bambang Yudhoyono tercatat pernah menginjakkan kaki di tanah Papua.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/37499/disinformasi-jokowi-adalah-presiden-pertama-yang-menginjakkan-kaki-di-tanah-papua/0/laporan_isu_hoaks
https://cekfakta.tempo.co/fakta/1528/sesat-unggahan-jokowi-adalah-presiden-pertama-yang-menginjakkan-kaki-di-tanah-papua [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Presiden Jokowi
  4. Papua
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini