CEK FAKTA: Ini Bukan Foto Anak Korban Vaksin Covid-19

Selasa, 26 Januari 2021 11:19 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Ini Bukan Foto Anak Korban Vaksin Covid-19 Ini Bukan Foto Anak Korban Vaksin Covid-19. ©Kominfo

Merdeka.com - Foto seorang bayi yang sedang dirawat dengan narasi bayi tersebut merupakan korban vaksinasi Covid-19.

Berikut narasinya:

Doakan anak ini semoga sembuh.. Ini anak korban vaksinasi covid.. Anda masih ingin di vaksin!!???

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran melalui google search image, klaim yang menyebutkan bahwa foto tersebut merupakan anak korban vaksin Covid-19 adalah keliru.

Dilansir dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) foto tersebut juga pernah diunggah pada tanggal 17 September 2016 dan tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19.

Sementara itu dilansir dari Turnbakhoax, dari hasil pencarian gambar menggunakan aplikasi TinEYE gambar tersebut diunggah pada 12 Maret 2016 namun tidak diberi keterangan lengkap terkait gambar tersebut.

Sebagai informasi, pemerintah Indonesia secara resmi memulai program vaksinasi Covid-19 pada hari Rabu (13/1/2021). Presiden Jokowi menjadi orang pertama yang di vaksin Covid-19 Sinovac dan sudah mendapat izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Kesimpulan

Foto seorang bayi yang diklaim korban vaksin Covid-19 adalah keliru. Faktanya, foto tersebut pernah diunggah tahun 2016 dan tidak ada kaitannya dengan vaksin Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini