CEK FAKTA: Hoaks Zat Fluoride dalam Pasta Gigi Menyebabkan Kanker Tulang Ganas

Kamis, 12 November 2020 12:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Zat Fluoride dalam Pasta Gigi Menyebabkan Kanker Tulang Ganas Ilustrasi pasta gigi. ©Pixabay

Merdeka.com - Informasi zat fluoride dalam pasta gigi menyebabkan osteosarcoma beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa zat fluoride sangat berbahaya karena bisa menyebabkan osteosarcoma atau kanker tulang ganas.

hoaks zat fluoride dalam pasta gigi menyebabkan kanker tulang ganas
turnbackhoax

"Namun, Fluoride yang selalu digembar-gemborkan baik untuk gigi tersebut ternyata terbukti menunjukkan fakta yang sebaliknya yakni, Fluoride sangatlah berbahaya.

Menurut The National Taxicology Program (NTP) dan berbagai penelitian termasuk dari Harvard University pada hewan dan manusia, Fluoride diduga meningkatkan kemungkinan terkena Osteosarcoma, suatu kanker tulang ganas yang sangat mematikan."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi zat fluoride yang bisa menyebabkan kanker tulang ganas adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Zat Fluoride Dalam Pasta Gigi Dapat Menyebabkan Osteosarcoma" pada 11 November 2020, dijelaskan bahwa zat fluoride aman dan tak menyebabkan kanker.

Dilansir dari detik.health.com, melalui penelitian yang dilakukan di Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo yang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki air tanah dengan kadar fluoride tinggi (3,08 ppm), kecuali wabah bercak (dental fluorosis) pada gigi geligi, belum pernah diberitakan adanya bencana atau wabah penyakit sistemik akibat kelebihan fluoride.

Bahkan terkait hal ini, dalam pertemuan bersama antara WHO, FDI dan IADR (International Association for Dental Research) dicetuskan Deklarasi Beijing pada tahun 2007 dengan tema ‘All to action to promote oral health by using fluoride in China and Southeast Asia’ yang menyatakan bahwa pasta gigi dengan kandungan fluoride aman digunakan dan terbukti menurunkan angka karies. Untuk itu, WHO, American Dental Association (ADA) dan Federation Dentaire Internasional (FDI) menyatakan bahwa menyikat gigi harus menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Drg. Dhanni Gustiana, alumnus World Health Organization Collaborating Centre (WHOCC), juga menambahkan bahwa mengenai bahaya zat fluoride tergantung pada dosisnya. Maka terkait hal itu, di Indonesia sendiri, pihak BPOM pun sebelumnya telah menetapkan standar kandungan zat fluoride yang aman di dalam pasta gigi.

Kesimpulan

Informasi zat fluoride menyebabkan osteosarcoma atau sejenis kanker tulang ganas adalah hoaks. Zat fluoride yang terkandung dalam pasta gigi masih aman digunakan dan terbukti menurunkan angka karies. WHO juga menyarankan menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung fluoride.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini