CEK FAKTA: Hoaks Xi Jinping Berterima Kasih Pada Jokowi Karena Pengangguran Berkurang

Jumat, 10 Juli 2020 16:11 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Xi Jinping Berterima Kasih Pada Jokowi Karena Pengangguran Berkurang Jokowi bertemu Xi Jinping di China. ©AFP PHOTO/POOL/Jason Lee

Merdeka.com - Sebuah unggahan foto Presiden China Xi Jinping yang disebut-sebut mengucapkan terima kasih pada Presiden Joko Widodo beredar di media sosial Facebook. Foto tersebut memiliki narasi "Saya ucapkan terima kasih buat para pendukung jokowi. Karena dengan terpilihnya jokowi menjadi presiden maka pengangguran di Cina menjadi berkurang".

unggahan foto xi jinping ucap terima kasih pada jokowi

Istimewa

Kemudian salah satu pengunggah foto tersebut menuliskan kalimat "berhubung wakil presiden kita sudah tua, untuk menjamin negara ini lebih maju, mari kita dukung ahok menggantikan mak ruf amin.

karena kerja pak jokowi kita sangat berat".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, narasi Presiden Xi Jinping yang berterima kasih pada Presiden Jokowi karena pengangguran di China berkurang adalah tidak benar. Dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Ucapan Terima Kasih Xi Jinping ke Jokowi karena Kurangi Pengangguran di Tiongkok? Ini Faktanya" pada 8 Juli 2020, dijelaskan bahwa Xi Jinping tidak pernah mengucapkan hal tersebut.

Dari hasil penelusuran medcom.id, foto serupa ditemukan di situs theguardian.com dalam artikel berjudul "Xi Jinping vows to fight 'tigers' and 'flies' in anti-corruption drive".

Dalam artikel tersebut menyebutkan Presiden Tiongkok Xi Jinping bersumpah tak segan menindak para pejabatnya dari tingkat tertinggi sampai terendah yang melakukan korupsi. Menurut Xi, korupsi adalah sumber utama ketidakpuasan publik terhadap pemerintah.

Kemudian dalam artikel Tempo.co berjudul "Bantu Hadapi Virus Corona, Xi Jinping Terima Kasih ke Indonesia" pada 12 Februari 2020, dijelaskan bahwa melalui telepon Selasa malam, Xi Jinping berterima kasih kepada Jokowi atas kepercayaan dan pengertian yang diberikan oleh teman-teman Indonesia, ketika Cina berjuang melawan wabah, menurut surat kabar resmi Partai Komunis Cina, People's Daily, 12 Februari 2020.

Cina dan Indonesia, kata Xi, harus bergandengan tangan memikul tanggung jawab negara-negara besar dan mencapai kemajuan baru, kata Xi.

Xi menekankan bahwa memerangi epidemi saat ini adalah prioritas utama pemerintah Cina.

Kesimpulan

Foto Presiden Xi Jinping berterima kasih pada Jokowi karena pengangguran berkurang adalah tidak benar. Presiden Xi Jinping tidak pernah menyebutkan hal tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini