CEK FAKTA: Hoaks Video Situasi di Dalam Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sebelum Jatuh

Senin, 11 Januari 2021 17:23 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Situasi di Dalam Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Sebelum Jatuh sriwijaya air. jetphoto.net

Merdeka.com - Beredar sebuah video yang diklaim memperlihatkan detik-detik situasi pesawat Sriwijaya Air SJ182 sebelum jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

hoaks video situasi di dalam pesawat sriwijaya air sj

Salah satu akun TikTok @barnabasccoll mengunggah yang diklaim situasi pesawat Sriwijaya sebelum jatuh. Terdengar orang-orang yang berterikan "Allah Akbar", video tersebut bertuliskan "DETIK-DETIK DI DALAM PESAWAT SEBELUM MELADAK" dan dilengkap dengan keterangan:

"Detik detik di dalam pesawat sebelum meledan dan jatuh #pesawatjatuh #pesawatsriwijaya #sriwijayaairsj182"

Penelusuran

Hasil penelusuran, video yang diklaim situasi di dalam pesawat Sriwijaya sebelum jatuh adalah video yang direkam saat terjadinya peristiwa turbulensi pesawat Etihad Airways yang melakukan penerbangan dari Abu Dhabi ke Jakarta.

hoaks video situasi di dalam pesawat sriwijaya air sj

Video asli kejadian tersebut diunggah salah satunya oleh CNN dalam YouTubee channelnya pada tanggal 4 Mei 2016. Video itu diambil oleh Dewi Rachmayani.

Kemudian terdapat artikel yang menjelaskan mengenai peristiwa terjadinya turbulensi pesawat Etihad Airways itu, dalam artikel merdeka.com berjudul "Pesawat turbulensi, rombongan umrah terluka ada yang patah hidung" dijelaskan belasan rombongan jemaah umrah yang merupakan penumpang maskapai Etihad Airways EY 474 rute Abu Dhabi-Jakarta mengalami luka, ketika pesawat turbulensi, Rabu (4/5).

Peristiwa itu baru diketahui sekitar pukul 15.00 WIB, setelah para jemaah dirawat di kantor kesehatan pelabuhan (KKP) Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam peristiwa itu, para jemaah mengalami luka memar, bahkan sampai ada yang mengalami hidung patah akibat goncangan pesawat.

"Ketika itu saya akan salat, tiba-tiba pesawatnya berguncang, cepat sekali. Sama seperti saya, penumpang pain pun kebanting ke kiri dan kanan, atas dan bawah," terang Nenden Nurhaini (41) kepada wartawan di KKP, Rabu (4/5).

Menurutnya, ada beberapa jemaah yang umurnya telah lanjut tersungkur di lantai sekaligus tertimpa barang dari kabin yang terjatuh.

"Masker oksigen juga sempat dikeluarkan untuk penumpang, namun oksigen masih terpantau stabil dan perjalanan kembali dilanjutkan," terangnya.

Ilham penumpang lainnya mengatakan, kejadian tersebut berlangsung sekitar 30 menit sebelum pesawat sampai di Bandara Soekarno-Hatta. "Pramugari juga saya lihat banyak yang jadi korban, belasan lah yang menjadi korban," ujarnya.

Kesimpulan

Video yang diklaim situasi di dalam pesawat Sriwijaya Air SJ182 sebelum jatuh adalah salah. Video tersebut direkam saat peristiwa turbulensi pesawat Etihad Airways yang melakukan penerbangan dari Abu Dhabi ke Jakarta pada 4 Mei 2016 silam.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini