CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut UAS Ditangkap Karena Dana Sumbangan Palestina

Kamis, 20 Mei 2021 15:19 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut UAS Ditangkap Karena Dana Sumbangan Palestina Ustaz Abdul Somad. ©Instagram/Ustadz Abdul Somad

Merdeka.com - Informasi Ustaz Abdul Somad atau UAS ditangkap beredar di media sosial. Informasi tersebut muncul dari video berjudul "Berita Terkini ~ UAS Di Jemput Paksa!! Somat Terbukti Menggelapkan Sumbangan Dana Palestina". Video diunggah pada 18 Mei 2021 oleh akun Youtube SUARA ISTANA.

hoaks ustadz abdul somad ditangkap
Youtube

Penelusuran

Dari hasil penelusuran merdeka.com, dalam video tersebut tidak ada yang menyebutkan UAS ditangkap. Video berdurasi 10 menit 5 detik hanya berisi pendapat tentang cara UAS menggalang dana, tak hanya untuk Palestina, tetapi juga untuk membeli kapal selam.

Pada penelusuran lainnya, dilihat dari akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, pada tanggal 18 Mei 2021, Ustadz Abdul Somad sedang berada di Surabaya, Jawa Timur. Unggahan itu semakin menguatkan video penangkapan UAS tidak benar.

Selasa, 18 Mei 2021
Dari airport Surabaya, langsung ke rumah Gus Ali.

Rabu, 19 Mei 2021
Silaturrahim sarapan pagi di kediaman Gus Awis (KH. DR. M Afifuddin Dimyathi, Lc., MA.).
Dilanjutkan sowan ke KH. Kholil Dahlan (PP. Darul Ulum Jombang).
Terus ke Pendopo Bupati Jombang bertemu dengan Bu Nyai Mundjidah Wahab, pak Jazuli (Sekda), Ketua DPRD dan tokoh masyarakat Jombang.
Terus ke KH. Hasib Wahab.
Ditutup dengan kunjungan ke psantren Tebu Ireng, bersilaturrahim dengan KH. Abdul Hakim (PP. Tebu Ireng Jombang).

Kemudian, terkait informasi penggalangan dana untuk Palestina yang diunggah dalam akun Instagram @ustadzabdulsomad_official, ada keterangan dana itu diminta dikirimkan ke rekening sebuah lembaga amil zakat, infak dan sedekah (LAZIS).

Kesimpulan

Video berjudul "Berita Terkini ~ UAS Di Jemput Paksa!! Somat Terbukti Menggelapkan Sumbangan Dana Palestina" adalah hoaks. Tidak ada yang menyebutkan UAS ditangkap dalam video tersebut. Video hanya berisi pendapat dan kritikan tentang penggalangan dana yang dilakukan UAS.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini