CEK FAKTA: Hoaks, Video Sebut Massa di Cirebon Turun ke Jalan Tolak PPKM

Jumat, 30 Juli 2021 12:45 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks, Video Sebut Massa di Cirebon Turun ke Jalan Tolak PPKM Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah video yang menampilkan keramaian di jalan beredar di media sosial. Video itu berjudul "Masyarakat Cirebon Turun ke Jalan Melawan PPKM".

Video tersebut diklaim sebagai aksi masyarakat Cirebon menolak penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

hoaks demo di cirebon tolak ppkm
Instagram @jabarsaberhoaks

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (DKIS) Kota Cirebon, Maruf Nuryasa mengatakan video yang diklaim aksi warga Cirebon turun ke jalan tolak PPKM adalah hoaks.

Melansir dari radarcirebon.com, Maruf, memastikan video itu rekaman lama. Video tahun 2020 itu ketika mahasiswa melakukan unjuk rasa dan melintas di Jalan dr Cipto Mangunkusumo, Kota Cirebon.

"Tidak ada kejadian itu. Itu dipastikan hoax, karena video lama," ujar Maruf, kepada radarcirebon.com, Rabu (21/7).

Dia menyayangkan, masih beredarnya video seperti itu. Sebab, dapat menimbulkan keresahan di masyarakat. "Mohon untuk bijak dalam menyebarkan konten di media sosial," tandasnya.

Sementara terkait informasi rencana demo yang dilakukan mahasiswa dan PKL terhadap kebijakan PPKM Darurat, telah dibatalkan dan diganti dengan audiensi bersama wali kota.

Sebagai informasi, video tersebut sudah tidak bisa diakses dengan keterangan: Video ini telah dihapus oleh uploader.

Kesimpulan

Video menyebut aksi masyarakat Cirebon turun ke jalan tolak PPKM adalah hoaks. Faktanya, video tersebut adalah video lama, saat aksi unjuk rasa mahasiswa pada tahun 2020 lalu di Cirebon.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.radarcirebon.com/2021/07/21/beredar-video-hoax-ratusan-massa-di-kota-cirebon-turun-ke-jalan-melawan-ppkm-jangan-ikut-nyebar/ [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Hoaks
  4. PPKM
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini