CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut Jalur Puncak Macet

Senin, 17 Mei 2021 13:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut Jalur Puncak Macet macet di puncak. ©2021 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Viral video memperlihatkan kondisi lalu lintas macet parah di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor.

Dalam video berdurasi sekitar 8 detik itu terlihat pengendara mobil dan motor terjebak dalam kemacetan tersebut.

"MASHA ALLAH
BOGOR TERKINI
05/16
17:29" keterangan dalam video yang diunggah akun TikTok @Dsyxieana.

hoaks video puncak macet
TikTok

Penelusuran

Video kemacetan panjang tak bergerak di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barattidaklah benar atau hoaks. Berdasarkan postingan akun Instagram milik @tmcpolresbogor disebutkan, jika video tersebut merupakan video lama yang tak disebutkan kapan kejadian pastinya.

"Telah beredar berita (Tidak Benar) HOAKS di media sosial dan whatsapp sebuah video yang berisi informasi tentang kemacetan di Jalur Puncak. Faktanya Video tersebut merupakan video lama kemacetan di Jalur Puncak sebelum Pandemic Covid-19 yang baru diunggah kembali," tulis akun tersebut seperti dikutip merdeka.com, Minggu (16/5).

Dalam akun tersebut dipastikan, kondisi di kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat sendiri terpantau lancar dan tak terjadi kemacetan.

"Polres Bogor Bersama Instansi terkait Kodim 0621 Kab. Bogor, Dishub Kab. Bogor, Sat Pol PP Kab. Bogor, Dinkes Kabupaten Bogor, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sejak pagi hari ini Minggu (16/5/2021) telah melaksanakan Pengamanan Jalur Puncak di titik-titik rawan kemacetan dimulai dari Simpang Gadog, Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Megamendung, Simpang Pasar Cisarua, Simpang Jatiwangi, Simpang Taman safari, Simpang Gunung Mas, Simpang Masjid Attawun dan Perbatasan Rindu Alam," ujarnya.

"Secara keseluruhan Jalur Puncak saat ini terpantau normal kedua arah. Tidak terjadi kepadatan. Bijaklah bermedia sosial. Saring sebelum sharing Ya. Be Smart Netizen," sambungnya.

Sementara itu, Kainduk Turangga 04 Jagorawi Kompol Fitrisia Kamila menambahkan, untuk situasi di jalur tol menuju kawasan Puncak saat ini lancar dan diguyur hujan deras.

"(Situasi) hujan deras, untuk akses ke Puncak sudah buka dan sudah lancar yang di Polingga," ujar Kamila.

Meski begitu, pihaknya sempat mengalihkan arus lalu lintas atau penyekatan menuju Puncak. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan di Kota Bogor.

"Dalam rangka membatasi mobilitas & menghindari kerumunan apabila terjadi kepadatan di Pusat Kota Bogor pada akhir pekan, Satgas Covid Kota Bogor akan memberlakukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas dalam Tol," jelasnya.

"Kendaraan dari arah Jakarta menuju Kota Bogor akan dialihkan keluar melalui Pintu Tol Bogor Selatan / Sumarecon. Kendaraan dari arah Ciawi menuju Kota Bogor, akan dialihkan melalui Pintu Tol Sentul Selatan," tutupnya.

Kesimpulan

Video yang memperlihatkan jalur Puncak, Bogor macet adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut merupakan video lama kemacetan di Jalur Puncak sebelum Pandemi Covid-19 yang kembali diunggah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.merdeka.com/peristiwa/penjelasan-polisi-soal-video-viral-puncak-macet-parah-kejadian-sebelum-pandemi.html [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini