CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut Bima Arya Ziarah di Makam Saat Ada Larangan ke TPU

Rabu, 19 Mei 2021 15:23 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Sebut Bima Arya Ziarah di Makam Saat Ada Larangan ke TPU Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memberikan keterangan mengenai penanganan COVID-19 di Kota Bogor. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Video Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang diklaim sedang melakukan ziarah kubur beredar di media sosial Twitter yang diunggah pada, Sabtu (16/5) lalu. Terlihat Bima Arya didampingi oleh anggota polisi dan beberapa orang lainnya di TPU.

Video tersebut viral, lantaran Bima Arya dianggap melanggar kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang melarang kegiatan ziarah kubur pada 12 hingga 16 Mei 2021.

hoaks video sebut bima arya ziarah di makam saat ada larangan ke tpu
Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran yang dilakukan merdeka.com, video Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto yang diklaim sedang melakukan ziarah kubur dibantah oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bogor, Rahmat Hidayat.

Rahmat menjelaskan, video yang ramai tersebut merupakan kegiatan Wali Kota Bogor ketika meninjau Tempat Pemakaman Umum (TPU) Blender, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat.

"Beredar video berisikan informasi yang tidak benar atas kegiatan Wali Kota Bogor melakukan ziarah di TPU Blender,” ujar Rahmat di Kota Bogor dilansir dari Republika, Senin.

Rahmat menegaskan, saat itu Bima juga didampingi oleh Wakapolresta Bogor Kota, AKBP Arsal Sahban, di TPU Blender pada Rabu (12/5). Tepatnya, pada hari pertama diberlakukannya pelarangan ziarah kubur di TPU se-Kota Bogor. Sehingga salah besar jika dianggap Bima melanggar aturan.

"Faktanya Wali Kota Bogor didampingi Wakapolresta Bogor Kota melakukan peninjauan kondisi TPU Blender," kata Rahmat.

Kesimpulan

Klaim sebuah video menyebut Wali Kota Bogor, Bima Arya, melakukan ziarah kubur saat ada larangan ke TPU adalah salah. Faktanya, video itu diambil saat Bima Arya meninjau TPU Blender, Kelurahan Kebon Pedes, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat pada Rabu (12/5).

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.republika.co.id/berita/qt8mp0484/video-bima-arya-kunjungai-tpu-saat-pelarangan-ziarah-emhoaxem [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini