CEK FAKTA: Hoaks Video Saat Trump Mengamuk Karena Kalah Pilpres 2020

Rabu, 11 November 2020 14:49 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Saat Trump Mengamuk Karena Kalah Pilpres 2020 Senyuman Donald Trump Usai Batal Dimakzulkan. ©2020 REUTERS/Joshua Roberts

Merdeka.com - Beredar video saat Presiden AS ke-45 Donald Trump mengamuk di ruang kerja. Video itu beredar pada 9 November 2020 atau setelah pengumuman hasil Pilpres AS 2020.

hoaks video trump mengamuk karena kalah pilpres
istimewa

"Kalah ngamuk maning".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut tidak terkait dengan hasil Pilpres AS 2020. Dalam artikel medcom.id berjudul "[Cek Fakta] Video Trump Ngamuk Hancurkan Barang-Barang di Dalam Gedung Putih? Ini Faktanya" pada 11 November 2020, dijelaskan bahwa video itu sudah beredar sejak 2017.

Video itu setidaknya sudah beredar sejak 17 Desember 2017 seperti diunggah kanal Youtube Araz Veliyev. Pada video itu terdapat tulisan comedy central.

Comedy Central merupakan sebuah saluran televisi kabel dan televisi satelit yang memiliki kantor pusat di New York, Amerika Serikat. Saluran televisi itu menayangkan program komedi murni.

Video serupa juga diunggah akun twitter bernama Mauricio Martínez, @martinezmau pada Minggu 8 November 2020. Unggahan ini kemudian dikomentari akun twitter @TonnyAtamanuik.

"Karya @PresidentShow yang lain," kata akun twitter @TonnyAtamanuik, Minggu 8 November 2020.

Diketahui, Tonny adalah pria yang ada di video tersebut. Tonny merupakan pria yang menirukan diri seperti Trump. Belakangan ia sibuk mengklarifikasi sejumlah video terkait.

Video itu berasal dari program "The President Show". Sebuah serial televisi komedi yang tayang perdana pada 27 April 2017 di Comedy Central.

Di sisi lain, Trump dinyatakan kalah dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat tahun 2020. Mayoritas publik Amerika memilih Joe Biden sebagai Presiden Amerika untuk 4 tahun ke depan.

Kesimpulan

Video yang disebut-sebut saat Donald Trump mengamuk karena kalah Pilpres AS adalah hoaks. Video tersebut merupakan video komedi, dan Tonny merupakan pria yang menirukan Trump dalam video itu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini