CEK FAKTA: Hoaks Video Raja Thailand bershalawat Agar Virus Corona Hilang

Rabu, 8 Juli 2020 14:58 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Raja Thailand bershalawat Agar Virus Corona Hilang Penobatan Maha Vajiralongkorn Jadi Raja Thailand. ©2019 AFP/POOL

Merdeka.com - Sebuah video Raja Thailand Maha Vajiralongkorn beredar di aplikasi pesan instan WhatsApp. Narasi dalam video menyebutkan bahwa Raja Thailand dan istrinya bershalawat agar Covid-19 hilang.

hoaks raja thailand bersholawat agar corona hilang
Kominfo

"Raja Thailand dan Istrinya Bersholawat Agar Corong Hilang Dari Dunia dan Negri Ini. Subhanallah Aminn".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut adalah tidak benar. Dalam artikel medcom berjudul "[Cek Fakta] Beredar Video Raja Thailand Berdoa dengan Cara Islam agar Pandemi Covid-19 Segera Berakhir? Ini Faktanya" pada 7 Juli 2020, dijelaskan bahwa video tersebut saat Raja Thailand menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW pada April 2019.

Melalui reverse image, foto identik ditemukan pada situs International Quran Recitation Association (IQRA), iqrabd.org, melalui artikel berjudul "Thai King Maha Vajiralongkorn inaugurated the International Miladunnabi (SAW) Conference" dimuat pada 6 April 2019.

Pada artikel itu jelaskan, Raja Maha Vajiralongkorn menghadiri sekaligus meresmikan acara peringatan Maulid Nabi tersebut pada 3 April 2019, di Bangkok, Thailand. Konferensi ini juga dihadiri oleh beberapa delegasi negara, termasuk Indonesia.

Kemudian dalam artikel Tribunnews berjudul "Viral Raja Thailand Ikut Merayakan Maulid Nabi dengan Sholawatan" pada 11 Juni 2020, memang benar saat itu Raja Thailand menengadahkan tangannya dalam acara Maulid Nabi sebagai tanda menghormati.

Vajiralongkorn menghadiri acara tersebut untuk menghormati kaum muslim di Thailand Selatan.

Saat seorang ulama berdoa, Raja Thailand Vajiralongkorn ikut menengadahkan tangan.

Dia mengenakan jas serba hitam.

Peringatan Maulid Nabi sudah 3 tahun terakhir diselenggarakan di kantor pemerintah Bangkok setiap tahunnya.

Adapun video yang beredar viral tersebut merupakan perayaan Maulid Nabi tahun 2019.

Dalam acara itu, Raja Thailand hadir dan beberapa warga negara asing juga ikut merayakan.

Kesimpulan

Video Raja Thailand bershalawat agar virus Corona hilang adalah hoaks. Video tersebut saat Raja Thailand ikut menghadiri acara Maulid Nabi untuk menghormati kaum muslim di Thailand Selatan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini