CEK FAKTA: Hoaks Video Presiden Putin Tiba di Indonesia untuk Bertemu Lord Rangga

Rabu, 7 Desember 2022 19:57 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Presiden Putin Tiba di Indonesia untuk Bertemu Lord Rangga hoaks tentang putin. ©2022 TikTok

Merdeka.com - Kabar duka datang dari petinggi Sunda Empire Ki Ageng Rangga Sasana, atau lebih dikenal Lord Rangga. Dia meninggal dunia, pada Rabu (7/12) pagi di Brebes, Jawa Tengah.

Di media sosial beredar sebuah video bernarasi Presiden Rusia Vladimir Putin datang ke Indonesia untuk mendatangi Lord Rangga. Dalam video terlihat Presiden Putin turun dari pesawat dan disambut oleh beberapa orang. Selanjutnya Putin yang dikawal pergi menggunakan mobil.

"Putin telah tiba di Indonesia untuk menemui sahabatnya yang telah meninggal, yaitu Lord Rangga," keterangan dalam video beredar di TikTok.

hoaks tentang putin
©2022

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan menangkap layar cuplikan video Putin ke situs Google Image. Cek fakta merdeka.com menemukan beberapa video identik seperti yang beredar.

Salah satunya akun YouTube QuotidianoNazionale, pada 15 September 2022, berjudul "Putin a Samarcanda, incontrerà il presidente cinese Xi Jinping"

Atau dalam bahasa Indonesia:

Putin di Samarkand, akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping

hoaks tentang putin

©YouTube QuotidianoNazionale

Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Samarkand, sebuah kota di Uzbekistan untuk menghadiri pertemuan Shanghai Cooperation Organization (SCO). Ini akan menjadi kesempatan untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, tatap muka pertama sejak awal invasi Rusia ke Ukraina.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video Presiden Putin diklaim tiba di Indonesia untuk bertemu sahabatnya yang meninggal petinggi Sunda Empire Lord Rangga adalah keliru. Video tersebut Putin tiba di Samarkand, Uzbekistan untuk menghadiri pertemuan Shanghai Cooperation Organization (SCO), pada September 2022.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.tiktok.com/@cokaypardede666/video/7174262339611528475?_r=1&_t=8Xyg2ycjRJ3&is_from_webapp=v1&item_id=7174262339611528475
https://www.youtube.com/watch?v=3ko2cGCaHnY

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini