CEK FAKTA: Hoaks Video Presiden Donald Trump Tak Sadarkan Diri Saat Berpidato

Jumat, 20 Maret 2020 14:16 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Presiden Donald Trump Tak Sadarkan Diri Saat Berpidato Presiden AS Donald Trump. REUTERS/Joe Skipper

Merdeka.com - Sebuah video saat Presiden Amerika Serikat Donald Trump tak sadarkan diri beredar di media sosial. Video ini disebarkan akun Facebook Grace Mie 15 Maret 2020. Dalam video berdurasi 15 detik itu, Trump tampak seperti menutup mata dengan menggunakan tangan kanannya. Kemudian Trump digiring pengawalnya meninggalkan tempatnya berpidato.

Akun Grace Mie mengaitkan video ini dengan Trump yang tak sadarkan diri saat berpidato.

"Donald trump tiba2 tak sadarkan diri saat berpidato," tulis akun Facebook Grace Mie.

Konten yang diunggah akun Facebook Grace Mie telah 157 kali dibagikan dan mendapat 8 komentar warganet.

Penelusuran

Cek fakta Liputan6.com menelusuri video dan klaim tentang Presiden AS Donald Trump yang tak sadarkan diri saat berpidato. Penelusuran dilakukan dengan menangkap layar video tersebut, kemudian mengunggahnya ke situs pencari google image.

Hasilnya terdapat sejumlah artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Satu di antaranya artikel berjudul "Donald Trump Rushed Offstage by Secret Service" yang ditayangkan situs abcnews.go.com pada 6 November 2016.

Donald Trump was rushed offstage by members of his Secret Service detail after a commotion broke out in the audience at an event at Reno, Nevada.

Berikut terjemahannya:

Donald Trump dilarikan ke luar panggung oleh anggota-anggota Secret Service-nya setelah keributan terjadi di antara hadirin saat berpidato di Reno, Nevada.

Dalam artikel itu dijelaskan, Donald Trup tengah berpidato di Pusat Konvensi Reno, Nevada. Ketika itu, Trump adalah kandidat calon presiden dari Partai Republik yang tengah berkampanye.

Kesimpulan

Video dan klaim tentang Trump yang tidak sadarkan diri saat berpidato ternyata tidak benar. Video tersebut merupakan kegiatan Trump saat berkampanye sebagai calon presiden Partai Republik. Video itu diambil pada 2016 lalu. Ketika itu Trump yang berdiri di atas mimbar melihat keributan di tempatnya berpidato.

Sumber:Hanz Jimenez Salim/Liputan6 [dan]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini