CEK FAKTA: Hoaks Video Pertandingan Piala Dunia Qatar Berhenti karena Suara Azan

Kamis, 24 November 2022 11:19 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Pertandingan Piala Dunia Qatar Berhenti karena Suara Azan Stadion Al Thumama. ©2022 SCM/Satya Pandia

Merdeka.com - Sebuah video pertandingan sepak bola berhenti sementara ketika suara azan berkumandang beredar di Facebook. Video tersebut diklaim terjadi di Piala Dunia Qatar 2022.

Video berdurasi Video berdurasi 3 menit 29 detik itu pertandingan sedang berlangsung. Kemudian terdengar lantunan azan. Wasit yang memimpin pertandingan pun meniup pluit dan memutuskan menghentikan sementara pertandingan tersebut.

"Masya Allah Tabarakallah apapun itu kalo azan stop dulu..... piala dunia ini kali ini memang beda eeee subhanallah 🤲🤲🤲🤲😇😇😇😇😇😇😇" tulis salah satu akun Facebook.

cek fakta hoaks video pertandingan piala dunia qatar berhenti karena suara azan
©Facebook

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "pertandingan sepak bola berhenti karena azan" di kolom pencarian situs berbagi video YouTube.

Dikutip dari Liputan6.com, hasilnya terdapat video identik yang diunggah channel YouTube Cordova Media pada 27 Januari 2018 lalu. Video tersebut berjudul "Momen ketika Wasit Menghentikan Pertandingan di Kala Adzan Berkumandang".

cek fakta hoaks video pertandingan piala dunia qatar berhenti karena suara azan
©YouTube

Video tersebut diberi keterangan:

“Ada kejadian menarik yang terjadi di pertandingan antara Al Feiha berhadapan dengan Al Fateh di Stadion King Salman, Al Majma'ah, pada Rabu (24/01/18) kemarin. Pasalnya, mantan wasit Liga Primer Inggris, Mark Clattenburg yang memimpin pertandingan menghentikan laga kala Adzan berkumandang .

Kejadian itu terjadi pada babak 16 besar Piala Arab Saudi. Saat itu, pertandingan tengah memasuki babak tambahan babak kedua. Tiba-tiba, wasit Mark Clattenburg mengangkat tangan dan meniup pluit disaat pertandingan tengah berlangsung.

Sontak para pemain dari kedua tim yang bertanding mengalami kebingungan karena tidak melakukan pelanggaran sebelumnya. Namun, wasit asal Inggris itu pun langsung menjelaskan kepada kedua tim tersebut untuk menghentikan sementara pertandingan karena terdengar suara Azan dari Mesjid dekat Stadion.

Melihat aksi tersebut, para penonton yang hadir langsung di Stadion King Salman, Al Majma'ah, memberikan tepuk tangan kepada wasit berusia 42 tahun tersebut. Tak hanya dari Stadion, aksi Clattenburg juga banyak mendapat tanggapan positif dari warganet di dunia maya. "Mr @clattenburg1975, Apa yang Anda lakukan hari ini dalam permainan Fayha vs Fateh sangat bagus, ini menunjukkan bahwa Anda sangat hormat dan Anda memang pantas mendapatkan posisi Anda, semoga sukses untuk Anda." tulis akun twitter @saudj99.
Sumber: Indosport.com," tulis channel YouTube Cordova Media.

Kesimpulan

Pertandingan sepak bola berhenti ketika azan berkumandang bukan terjadi di Piala Dunia Qatar. Faktanya, peristiwa itu terjadi saat pertandingan antara Al Feiha berhadapan dengan Al Fateh di Stadion King Salman, Al Majma'ah, Arab Saudi, pada 2018 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/sarahdarwis.lestaluhu/videos/1879532165716402
https://www.youtube.com/watch?v=wLclnQ9SZ98
https://m.liputan6.com/cek-fakta/read/5133852/cek-fakta-tidak-benar-dalam-video-ini-pertandingan-piala-dunia-qatar-2022-diskors-saat-azan-berkumandang

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini