CEK FAKTA: Hoaks Video Persiapan Pasukan untuk Menghalau Kelompok Perusuh Saat Demo

Selasa, 13 Oktober 2020 15:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Persiapan Pasukan untuk Menghalau Kelompok Perusuh Saat Demo Penjagaan Aksi Massa Tolak Omnibus Law di Kawasan Patung Kuda. ©2020 Merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Beredar video yang disebut-sebut persiapan pasukan pengamanan untuk menghalau demonstran yang rusuh. Video tersebut beredar di media sosial Facebook.

hoaks video persiapan pasukan untuk menghalau kelompok perusuh saat demo

Facebook

"Persiapan untuk menghalau demo ga jelas kelompok perusuh besok..."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video yang disebut-sebut persiapan pasukan pengamanan untuk menghalau kelompok perusuh saat demo adalah hoaks. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] "Persiapan Untuk Menghalau Demo ga Jelas Kelompok Perusuh Besok…"", dijelaskan bahwa video tersebut diambil saat hari ulang tahun Bhayangkara.

tangkapan layar video hut bhayangkara

Turnbackhoax

Berdasarkan hasil penelusuran, video serupa ditemukan pada channel Youtube Feri Septian yang berjudul “Yel-yel brimob acara hut bhayangkara ke 71 monas” yang diunggah pada 23 Juli 2017. Diketahui bahwa video tersebut merupakan acara Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71 yang digelar di Lapangan Silang Monas pada 10 Juli 2017.

Kesimpulan

Sebuah video yang disebut-sebut pasukan yang disiapkan untuk mengamankan perusuh saat demo adalah hoaks. Video tersebut diambil saat acara Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71 di Lapangan Silang Monas pada 10 Juli 2017.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini