CEK FAKTA: Hoaks Video Pengangkatan Badan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182

Rabu, 13 Januari 2021 18:16 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Pengangkatan Badan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Hari ke-4 Pencarian Serpihan Sriwijaya Air di Dermaga JICT. ©2021 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Viral video pengangkatan badan pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh pada 9 Januari 2012 di Kepulauan Seribu.

Salah satunya akun Facebook Syaiful Niczam pada 10 Januari 2021 mengunggah sebuah video dengan narasi sebagai berikut:

"Proses pengangkatan badan pesawat Sriwijaya air SJ 182"

hoaks video pengangkatan pesawat sriwijaya
©Facebook

Penelusuran

Penelusuran menggunakan mesin pencarian Yandex. Hasil penelusuran Yandex mengarahkan ke salah satu saluran di situs berbagi video, YouTube. Video yang identik dengan klaim proses pengangkatan bangkai pesawat Sriwijaya Air bisa dilihat di saluran YouTube milik Obafemee80.

Namun, di saluran tersebut dijelaskan video itu merupakan proses penenggelaman pesawat salah satu maskapai Turki, bukan pengangkatan bangkai Sriwijaya Air.

Saluran YouTube itu mengunggah videonya pada 20 Juni 2019 dengan judul: "Turkey Purposely Sunk An Airbus A330 Aircraft To Attract Scuba Divers And Boost Marine Life".

Selanjutnya, hasil penelusuran Google Image juga mengarahkan ke situs BBC dalam artikel berjudul: "Turkish Airbus plane sunk for diving tourism" dipublikasikan pada 14 Juni 2019.

Dalam artikel BBC tersebut, dijelaskan kalau pesawat penumpang Airbus A330 bekas sengaja ditenggelamkan di lepas pantai barat laut Turki untuk menarik wisatawan selam.

Pesawat itu memiliki panjang 65 meter ditenggelamkan ke Laut Aegea dengan kedalaman 30 meter. Laut ini berada di lepas Pelabuhan Ibrice di Provinsi Edirne.

Disebutkan kalau Turki dengan sengaja menenggelamkan Pesawat Airbus A330 untuk menarik penyelam scuba dan meningkatkan kehidupan laut.

Kesimpulan

Video pengangkatan badan pesawat Sriwijaya SJ 182 adalah hoaks. Faktanya, itu merupakan proses penenggelaman Pesawat Airbus A330 di Turki untuk menarik penyelam scuba.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini