CEK FAKTA: Hoaks Video Pasukan Elite TNI Masuk Wilayah Ukraina Bantu Kuasai Kota Kiev

Kamis, 8 Desember 2022 15:24 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Pasukan Elite TNI Masuk Wilayah Ukraina Bantu Kuasai Kota Kiev Konvoi militer Rusia merangsek ke Kiev. ©Russian Defence Ministry/Handout via REUTERS

Merdeka.com - Beredar video di media sosial Facebook yang mengklaim pasukan elite TNI berhasil masuki negara Ukraina. Dalam narasinya, tentara TNI disebut berhasil menguasai wilayah Ukraina dan membantu militer Rusia untuk menguasai kota Kiev, Ukraina.

"Gelar Penyrngan !! Pasukan Elite TNI Masuki Ukraina Bantu Duduki Kot kiev || Berita Militer Terkini
Assault Degree!! TNI Elite Troops Enter Ukraine Help Occupy Kiev City || Latest Military News," narasi dalam unggahan di Facebook pada 28 November 2022.

Video berdurasi 6 menit 45 detik, menampilkan potongan-potongan video pasukan tentara membawa senjara. Ada juga video tank-tank tempur, kemudian potongan video Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. Ditampilkan pula potongan video pertemuan antara Presiden Rusia Putin dengan Presiden Jokowi.

cek fakta hoaks video pasukan elite tni masuk wilayah ukraina bantu kuasai kota kiev
©Facebook

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Setelah dilakukan penelusuran, video yang mengklaim pasukan elite TNI menduduki Ukraina untuk kuasai Kota Kiev adalah tidak benar.

Narasi yang disampaikan narator dalam video, mengutip dari situs Haluan Padang berjudul "Separatis Chechnya Masuki Ukraina, Bantu Militer Rusia Duduki Kiev" pada 26 Februari 2022.

Pasukan separatis Chechnya dilaporkan telah dilepas untuk memasuki wilayah Ukraina. Kelompok yang dipimpin oleh Ramzan Kadyrov (45) tersebut sudah berhasil menjangkau beberapa wilayah Ukraina untuk membantu militer Rusia.

Namun narator telah mengganti atau mengedit beberapa kalimat. Seperti Chechnya diganti menjadi Indonesia. Sedangkan nama Ramzan Kadyrov diubah menjadi Jokowi.

Dikutip dari Tempo.co, potongan video yang diunggah adalah hasil penggabungan beberapa video di waktu dan peristiwa berbeda. Video itu tidak ada kaitannya dengan pasukan elite TNI yang memasuki wilayah Ukraina guna membantu duduki Kota Kiev.

Pertama, potongan video Tank berinisial Z milik Rusia konvoi memasuki sebuah kota di Ukraina. Video identik pernah diunggah oleh akun YouTube The Sun pada 28 Februari 2022. Video tersebut berjudul “Ukrainian civilians despair as Pro-Russian separatists forces take over Donetsk Town”

Kedua, video Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy pada detik ke-49, identik dengan video yang pernah diunggah oleh akun YouTube Kompas TV berjudul “Momen Tepuk Tangan Meriah saat Presiden Ukraina Berbicara untuk Anggota Parlemen Inggris”.

Video yang diunggah pada 9 Maret 2022 ini memperlihatkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy berbicara kepada Parlemen Inggris pada Selasa, 8 Maret 2022. Anggota Parlemen Inggris memberikan tepuk tangan meriah saat Presiden Ukraina muncul di layar saat panggilan video.

Zelenskiy mengatakan bahwa dia ingin membahas perang yang tidak dimulai dan tidak diinginkan oleh Ukraina. Namun dirinya menegaskan tidak akan menyerah dan akan berjuang sampai akhir.

"Kami tidak akan menyerah, kami tidak akan kalah. Kami akan berjuang sampai akhir, di laut, di udara, kami akan terus berjuang untuk tanah kami, berapa pun biayanya,"ujar Zelenskiy.

Video Pertemuan Presiden Rusia Putin dengan Presiden Jokowi menit ke1:24 identik diunggah kompas.com berjudul “Pidato Jokowi dan Putin Setelah Bertemu di Istana Kremlin Rusia”. Video ini diunggah 1 Juli 2022.

Presiden Joko Widodo menemui Presiden Rusia Vladimir Putin di Istana Kremlin di Moskow, Rusia, pada Kamis, 30 Juni 2022. Dalam pertemuan itu, kedua Kepala Negara membahas sejumlah isu. Usai pertemuan, Jokowi dan Putin menggelar konferensi pers.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Video mengklaim pasukan elite TNI yang memasuki wilayah Ukraina guna membantu duduki Kota Kiev adalah tidak benar. Video tersebut tidak ada kaitannya dengan pasukan elite TNI yang memasuki wilayah Ukraina bantu duduki Kota Kiev.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/adventurousgirl89/posts/887553352237019/
https://padang.harianhaluan.com/internasional/pr-1062753438/separatis-chechnya-masuki-ukraina-bantu-militer-rusia-duduki-kiev
https://cekfakta.tempo.co/fakta/2074/keliru-video-pasukan-elite-tni-masuki-ukraina-bantu-duduki-kota-kiev

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini