CEK FAKTA: Hoaks Video Menampilkan Bayi Dinosaurus

Selasa, 24 Mei 2022 15:54 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Menampilkan Bayi Dinosaurus Hoaks Video Menampilkan Bayi Dinosaurus. ©Istimewa

Merdeka.com - Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan hewan yang sekilas terlihat berleher panjang dengan empat kaki kecil berlarian melintasi sungai. Hewan tersebut diklaim sebagai bayi dinosaurus yang tertangkap kamera.

hoaks video menampilkan bayi dinosaurus
©Istimewa

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari India Today, mengungkapkan bahwa hewan yang terlihat dalam video tersebut bukanlah dinosaurus tetapi coatis atau coatimundis - mamalia kecil asli Amerika Selatan, Amerika Tengah, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Video aslinya, coatis berlari menuju semak di seberang sungai dan ketika mereka berlari dengan kepala tertunduk dan ekor panjang terangkat tinggi dengan sedikit menekuk. Sehingga terlihat seperti dinosaurus.

Menurut situs resmi Smithsonian's National Zoo & Conservation Biology Institute, coatis adalah spesies yang sangat sosial terkait dengan rakun dan dikenal sangat agresif, terutama ketika itu berarti akses ke makanan. Mereka memakan buah-buahan, invertebrata, tikus kecil, dan kadal. Mereka mencari makan di tanah dan kadang-kadang di pohon.

Kesimpulan

Video yang diklaim manunjukan bayi dinosaurus adalah keliru. Faktanya, hewan yang terlihat dalam video tersebut coatis.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.indiatoday.in/fact-check/story/jurassic-park-real-life-baby-dinosaurs-viral-video-reversed-1946921-2022-05-08

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini