CEK FAKTA: Hoaks Video Massa Bayaran Dalam Aksi Unjuk Rasa Penolakan UU Cipta Kerja

Senin, 12 Oktober 2020 17:16 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Massa Bayaran Dalam Aksi Unjuk Rasa Penolakan UU Cipta Kerja Ilustrasi Demo. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar video massa yang sedang melakukan aksi unjuk rasa di media sosial. Massa dalam video itu disebut-sebut massa bayaran untuk demo penolakan UU Cipta Kerja.

tangkapan layar video aksi demo

turnbackhoax

"Terang Benderang! Ini Bukti Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja Merupakan Aksi Bayaran Bukan Gerakan Murni".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video yang beredar tersebut bukan saat demo penolakan UU Cipta Kerja. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Video Bukti Aksi Demo Tolak UU Cipta Kerja Merupakan Aksi Bayaran Bukan Gerakan Murni" pada 11 Oktober 2020, dijelaskan bahwa video itu diduga aksi money politics.

Akun Facebook Mangkok Sapujagat mengunggah video dengan durasi 37 detik pada Jumat (9/10). Video tersebut memperlihatkan seseorang yang menggunakan masker, topi dan kemeja putih sedang membagikan uang, diikuti narasi bahwa video tersebut adalah aksi demo menolak UU Cipta Kerja, juga mengklaim bahwa aksi demo yang dilakukan merupakan aksi bayaran bukan gerakan murni. Video itu telah dibagikan sebanyak 2,9 ribu kali dengan jumlah 10 ribu komentar dan total 4,5 ribu suka.

Melalui penelusuran dengan menggunakan mesin pencari Yandex Image, video serupa pernah tayang di channel Youtube BELITANG TV dengan judul “Maraknya Money Politik” yang diunggah pada Selasa (9/4/19).

Dari hasil penelusuran lebih lanjut, foto yang mirip dengan kondisi pada video yang diunggah akun Facebook Mangkok Sapujagat muncul pada artikel milik sumselupdate.com yang diunggah pada 8 April 2019 dengan judul “Video Diduga Bagi-bagi Duit di Belitang Viral, Bawaslu OKU Timur Segera Ambil Tindakan”, potongan foto tersebut juga muncul pada artikel milik sumsel.tribunnews.com dengan judul “Beredar Video Bagi-duit Pecahan Rp 50 Ribu di OKU Timur, Bawaslu Langsung Investigasi”.

Kesimpulan

Video massa bayaran dalam aksi unjuk rasa penolakan UU Cipta Kerja adalah hoaks. Video itu sudah beredar sejak April 2019, dan video diduga terkait dengan money politics.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini