CEK FAKTA: Hoaks Video Korban Covid-19 di India Tergeletak di Jalan

Senin, 26 April 2021 19:33 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Korban Covid-19 di India Tergeletak di Jalan RS di India krisis akibat lonjakan kasus baru Covid-19. ©REUTERS/Danish Siddiqui

Merdeka.com - Sebuah video masyarakat di India tergeletak di jalan beredar di media sosial. Pengunggah video menuliskan keterangan masyarakat yang tergeletak di jalan korban Covid-19.

video warga di india tergeletak di jalan karena korban covid 19
istimewa

"Di india banyak orang orang korban Virus Corona pada berjatuhan.."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut diambil bukan saat pandemi Covid-19 di India. Dalam artikel kompas.com berjudul ""[KLARIFIKASI] Video Diklaim Korban Covid-19 di India Bergelimpangan di Jalanan" pada 25 April 2021, dijelaskan bahwa video diambil saat kebocoran gas di India.

Untuk memastikan kebenaran klaim itu, Tim Cek Fakta mencoba untuk menelusurinya melalui Google Reverse Image dengan tangkapan layar salah satu bagian video.

Hasilnya, ditemukan gambar serupa dalam artikel Kompas.com yang berjudul "Kebocoran Gas Terjadi di India, 9 Orang Tewas" pada 7 Mei 2020.

Keterangan foto menyebutkan, "Paramedis membawa kebocoran gas di Visakhapatnam, India. Sebanyak 9 orang tewas dan 300 dibawa ke rumah sakit karena menghirup gas tersebut" yang bersumber dari Sky News.

Untuk menguatkannya, dilakukan penelusuran lanjutan melalui Google dengan kata kunci "Gas leak in India 2020".

Hasilnya, beberapa bagian video itu juga terdapat dalam kanal YouTube India Today dan NDTV yang sama-sama diunggah pada 7 Mei 2020.

Kedua kanal YouTube itu mewartakan tentang kebocoran gas di India yang disebabkan oleh pabrik LG Polymers.

Kesimpulan

Video masyarakat korban Covid-19 tergeletak di jalan di India adalah hoaks. Video diambil saat kejadian kebocoran gas di India pada 2020 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini