CEK FAKTA: Hoaks Video Kemeriahan Pesta Pernikahan Putri Rizieq Syihab

Kamis, 19 November 2020 17:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Kemeriahan Pesta Pernikahan Putri Rizieq Syihab Ilustrasi pernikahan. ©2015 Merdeka.com/Pixabay

Merdeka.com - Sebuah video pesta pernikahan beredar di media sosial. Dalam video terlihat sejumlah orang sedang berpesta tanpa protokol kesehatan. Dalam video, dituliskan keterangan "di tunggu video yang resepsinya". Video pernikahan itu dikaitkan dengan pernikahan putri keempat Rizieq Syihab, Syarifah Najwa Shihab.

tangkapan layar video pesta pernikahan

Turnbackhoax

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut bukan video pernikahan putri keempat Rizieq Syihab, Syarifah Najwa Shihab. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] “Dugem pesta kawinan?”" pada 18 November 2020, dijelaskan bahwa video itu sudah diambil sejak berbulan-bulan lalu.

Pemilik video asli memberikan klarifikasi bahwa video tersebut sudah diambil sejak berbulan-bulan lalu dan acara berada di Malang, Jawa Timur.

"Maaf kak sebelumnya, itu video dari tiktok sy, itu video udah berbulan" lalu saya post, acara tersebut ada di kota malang, dan ga ada hubungannya sama hrs, jadi tolong jangan menyebarkan hoax dan memprovokasi tolong etikat baiknya untuk menghapus trmksh sebelumnya," tulis akun Twitter akila.m09, @malikamahri2

tangkapan layar video pesta pernikahan

Turnbackhoax

Akun Twitter milik @malikamahri2 kini dikunci dan akun TikTok milik akila.m juga sudah tidak bisa diakses.

Kemudian di penelusuran lain, ditemukan bahwa video tersebut diunggah oleh akun @akl.m sejak 1 bulan yang lalu.

tangkapan layar video pesta pernikahan

Turnbackhoax

Dalam artikel dream.co.id berjudul "Pesona Najwa Shihab, Putri Habib Rizieq di Hari Pernikahan" pada 19 November 2020, dijelaskan bahwa pernikahan putri Rizieq Shihab, Najwa Shihab dilakukan pada 14 November 2020.

tangkapan layar video pesta pernikahan

Turnbackhoax

Putri keempat Rizieq Syihab, Syarifah Najwa Shihab dipersunting resmi dipersunting Irfan Alaydrus. Acara digelar pada 14 November 2020 sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW di Markas DPP FPI Petamburan, Jakarta Pusat.

Kesimpulan

Video pesta pernikahan yang dikaitkan dengan acara pernikahan putri keempat Rizieq Syihab, Syarifah Najwa Shihab adalah hoaks. Video itu sudah tersebar sejak bulan lalu, atau sebelum pernikahan Najwa Shihab digelar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini