CEK FAKTA: Hoaks Video Kantong Jenazah Pasien Covid-19 Berisi Kertas

Senin, 7 Juni 2021 18:38 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Kantong Jenazah Pasien Covid-19 Berisi Kertas September Jadi Angka Tertinggi Pemakaman Covid-19. ©2020 Merdeka.com/Iqbal S Nugroho

Merdeka.com - Beredar di media sosial, sebuah video diklaim kantong jenazah pasien Covid-19 yang di dalamnya berisi kertas. Pengunggah video itu menuliskan narasi bahwa ada 450 kantong jenazah pasien Covid-19 tetapi di dalamnya berisi kertas.

"450 de "morti de covid".
De fapt,erau 450 de saci umpluti cu hârtie.
Asa este in toată lumea."

Berikut terjemahannya:

"450 "kematian karena covid".
Padahal, ada 450 kantong berisi kertas.
Begitulah yang terjadi di seluruh dunia."

Penelusuran

Dari hasil penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel tempo.co berjudul "Keliru, Klaim Ini Video Ratusan Kantong Jenazah Covid-19 Palsu yang Berisi Kertas" pada 4 Mei 2021, dijelaskan bahwa video itu tidak berkaitan dengan jenazah Covid-19.

Tim periksa fakta Tempo.co mula-mula memfragmentasi video itu menjadi beberapa gambar dengan tool InVID. Lalu, gambar-gambar ini ditelusuri dengan reverse image tool Google. Hasilnya, ditemukan beberapa foto yang identik yang dibagikan oleh akun Twitter milik radio Venezuela, Radio Caracas, @RCR750, pada 6 April 2021.

Akun ini mengunggah tiga foto dalam cuitannya dengan narasi berbahasa Spanyol yang jika diterjemahkan berbunyi: "#Protes mahasiswa kedokteran UCV (Universidad Central de Venezuela) yang menuntut vaksin di depan klinik ini diserang oleh sekelompok orang. Mereka merusak semua kantong yang mensimulasikan orang-orang yang meninggal akibat pandemi."

Kesimpulan

Sebuah video yang menyebutkan ratusan kantong jenazah pasien Covid-19 berisi kertas adalah hoaks. Kejadian dalam video tersebut saat mahasiswa kedokteran UCV (Universidad Central de Venezuela) memprotes banyaknya orang yang meninggal karena pandemi. Dan kantong jenazah itu hanya simulasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Covid 19
  4. Jenazah
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini