CEK FAKTA: Hoaks Video Jokowi Duetkan Gibran Bareng Anies

Kamis, 24 November 2022 17:46 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks Video Jokowi Duetkan Gibran Bareng Anies Pemersatu Bangsa! Gibran Makan Siang Bareng Anies. Instagram aniesbaswedan ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar sebuah video dengan klaim Jokowi ingin duetkan Gibran bareng Anies dalam pencalonan presiden 2024 nanti. Klaim itu diunggah oleh kanal YouTube Radar Politik dengan judul "PECAH KONGSI !! GIBRAN NYATAKAN SIKAP KE ANIES, KUBU PDIP MERADANG, KUBU JKW BERMANUVER" pada 24 November 2022.

Konten tersebut berisi potongan-potongan video kegiatan partai NasDem dan partai PDIP serta tanggapan dari beberapa tokoh.

Penelusuran

Tim cek fakta telah menonton video berdurasi 8.03 itu dan tidak ditemukan pernyataan Jokowi mengenai pencalonan Gibran bareng Anies. Beberapa tokoh mengenakan baju biru berlogo NasDem yang muncul pada awal video justru membahas mengenai pengusunan Anies oleh partai NasDem.

Narasi ini diduga muncul setelah pertemuan Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming di Solo, Selasa (15/11). Meski keduanya mengaku tidak ada pembahasan khusus, narator di video mengatakan partai NasDem mengisyaratkan terbukanya peluang Gibran mendampingi Anies.

Dilansir dari kompas.com, politikus PDIP, Deddy Yevri Sitorus turut berkomentar atas pertemuan tersebut. Ia mengatakan jika niat kedatangan Anies ke Solo untuk menggaet Wali Kota Solo sebagai calon wakil presiden, maka Anies dinilai tidak sopan karena Gibran merupakan kader PDIP. Oleh karena itu, Anies seharusnya mengikuti aturan PDIP yang menempatkan Megawati sebagai pemegang hak prerogratif pencapresan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut berkomentar atas rumor yang beredar. Menurutnya, Gibran yang justru mengundang Anies untuk bertemu saat Anies menghadiri sebuah acara di Solo.

“Saya datang ke Solo kan ada undangan acara lain, tapi Pak Wali Kota (Gibran) tahu, kemudian Pak Wali Kota ngontak, kemudian kami janjian ketemu,” kata Anies, Jumat (18/11/2022). Ia juga menegaskan dirinya tak berniat untuk memecah suara PDI-P.

Sementara itu, tim cek fakta mencari sumber kredibel menggunakan kata kunci "Jokowi Anies Gibran" di laman penelusuran Google tetapi tidak ditemukan media yang menulis seperti klaim beredar. Jokowi tidak memberikan tanggapan atas pertemuan dan hubungan antara Anies dan Gibran.

Kesimpulan

Video yang mengeklaim Jokowi ingin duetkan Gibran bareng Anies dalam Capres 2024 adalah hoaks. Video tersebut sama sekali tidak memuat klaim yang beredar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.youtube.com/watch?v=ZofPPq0A114
https://nasional.kompas.com/read/2022/11/16/13512741/nasdem-sebut-gibran-berpeluang-dampingi-anies-politikus-pdi-p-maka-apa-yang
https://nasional.kompas.com/read/2022/11/19/06400911/bertemu-gibran-anies-bantah-berniat-pecah-suara-pdi-p-dan-dekati-jokowi

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini