CEK FAKTA: Hoaks Video 'India Is Doing It' Bisa Retas Ponsel

Selasa, 3 November 2020 14:35 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video 'India Is Doing It' Bisa Retas Ponsel Ilustrasi smartphone. ©Shutterstock/Robert Kneschke

Merdeka.com - Beredar pesan berantai di aplikasi WhatsApp yang berisi tentang imbauan agar tidak membuka video bertajuk "India is doing it" karena berisiko peretasan.

Berikut isi pesannya:

Kasih tau ya lain2 nya

Jika menerima video di WA yg berjudul *India is doing it*, yg menunjukkan bgmn grafik covid-19 di India sudah mendatar, *jangan dibuka, itu akan nge hack hp mu dlm 10 detik dan tak akan dapat dihentikan.*

Kirim pesan ini ke keluarga dan teman... info dri temen polisi...

hoaks video 039india is doing it039 bisa retas ponsel
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran video 'India Is Doing It' bisa meretas ponsel, dilansir dari Liputan berjudul "Video 'India Is Doing It' yang Beredar di WhatsApp Bisa Retas Ponsel, Fakta atau Hoaks?" pada 26 Oktober 2020. Klaim tersebut adalah tidak benar atau hoaks.

Mengutip laman Full Fact, Senin (26/10/2020), tim cek fakta India BOOM menemukan bahwa pesan tersebut adalah hoaks.

Mereka bahkan menyebutkan pesan yang sangat mirip sempat beredar pada awal 2020, dengan menyebutkan nama Argentina.

Tim cek fakta lainnya yaitu Snopes, Africa Check, dan Chequeado (yang berbasis di Argentina) juga memeriksa pesan tentang negara tersebut, yang kata-katanya hampir identik dengan pesan yang lebih baru, dan ternyata pesan itu juga hoaks.

Mereka bahkan tidak menemukan bukti kalau video yang beredar di WhatsApp itu benar-benar ada dan juga tidak menemukan korban peretasan.

Kesimpulan

Klaim video 'India Is Doing It' bisa meretas ponsel adalah hoaks. Faktanya, tidak ditemukan bukti kalau video yang beredar di WhatsApp itu benar-benar ada dan juga tidak menemukan korban peretasan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini