CEK FAKTA: Hoaks Video Astronot Austria Lompat dari Pesawat Luar Angkasa

Jumat, 22 Januari 2021 16:56 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Video Astronot Austria Lompat dari Pesawat Luar Angkasa Astronot di luar angkasa. ©2018 Likar Info

Merdeka.com - Video yang diklaim sebagai artronot Austria melompat dari pesawat luar angkasa viral di media sosial.

Akun Facebook yang mengunggah video tersebut Astronot Austria melompat dari ketinggian 128.000 kaki dari pesawat luar angkasa. Berikut narasinya:

"Wowwww!!!!

Astronot Austria melompat dari ketinggian 128.000 kaki dari pesawat luar angkasa dan menempuh jarak 1.236 kilometer mencapai bumi dalam waktu 4 menit 5 detik. Dia melihat bumi berputar dengan jelas. Silahkan tonton videonya. Ini adalah rekaman BBC yang menarik dan menggetarkan."

hoaks video astronot austria lompat dari pesawat luar angkasa
©Liputan6.com

Penelusuran

Hasil penelusuran menemuakan video identik yang diunggah situs BBC dalam artikel berjudul: "Skydiver Felix Baumgartner breaks sound barrier" pada 14 Oktober 2012.

Video tersebut adalah aksi Felix Baumgartner dari Austria telah menjadi penerjun payung pertama yang melaju lebih cepat dari kecepatan suara, mencapai kecepatan maksimum 833,9 mph (1.342 km / jam).

Felix melompat dari balon udara pada ketingian 128.100 kaki (24 mil; 39 km) di atas New Mexico, juga memecahkan rekor terjun bebas tertinggi yang pernah ada. Hanya butuh kurang dari 10 menit baginya untuk turun.

Kesimpulan

Klaim video astronot Austria melompat dari ketinggian 128.000 kaki dari pesawat luar angkasa adalah salah.

Video tersebut merupakan aksi penerjun payung Felix Baumgartner, melompat dari balon udara pada ketingian 128.100 kaki dalam waktu kurang dari 10 menit.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Astronot
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini