CEK FAKTA: Hoaks Video Aksi Pengawalan Rizieq Syihab pada 7 Desember

Senin, 7 Desember 2020 15:22 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Video Aksi Pengawalan Rizieq Syihab pada 7 Desember Rizieq Syihab diperiksa Polda Metro Jaya. ©2017 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Sebuah video yang disebut-sebut pengawalan Rizieq Syihab beredar di media sosial. Dalam video berdurasi 29 detik itu dijelaskan bahwa dinarasikan sebagai aksi massa yang tengah menuju Jakarta dan akan tiba besok Senin, 7 Desember 2020.

hoaks video aksi pengawalan rizieq syihab pada 7 desember
turnbackhoax

"LASKAR FPI DARI DAERAH BANDUNG, CIREBON, KUNINGAN, BERGERAK MENUJU JAKARTA UNTUK MENGAWAL IB HRS, REVOLUSI AKHLAQ ITU HARUS..!!"

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut bukan pengawalan Rizieq Syihab. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Video Massa FPI Menuju Jakarta Untuk Mengawal Rizieq Shihab pada 7 Desember 2020" pada 7 Desember 2020, dijelaskan bahwa video tersebut diambil saat penjemputan Rizieq Syihab di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim video tersebut adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut terkait dengan penjemputan Habib Rizieq Shihab di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada 10 November 2020 lalu. Lebih lanjut, video tersebut merupakan milik akun Snack Video @iatss518, yang diunggah pada bulan November 2020 dan pada unggahannya diberikan keterangan “Bandara Soekarno Hatta …Takbiiiiiiiir…..Allahu Akbar”.

Dilansir dari liputan6.com, ribuan massa simpatisan pemimpin Front Pembela Islam (FPI) tersebut mulai memadati kawasan Bandara International Soekarno- Hatta, Cengkareng. Massa yang hendak menyambut kedatangan pemimpinannya itu sudah berada di kawasan bandara sejak Senin 9 November 2020 malam.

Berdasarkan pantauan di lokasi, massa terkonsentrasi di sejumlah titik sekitar Bandara Soetta, yakni di depan pintu M1, di parimeter, dan di jalan raya kawasan bandara. Massa terlihat berjalan kaki atau long march dari arah Perimeter Utara, Rawa Bokor dan sekitarnya, lalu masuk ke dalam jalan raya Bandara Internasional Soekarno Hatta, ingin menuju terminal 3.

Adapun Senin, 7 Desember adalah jadwal pemeriksaan ulang Rizieq Shihab di Polda Metro Jaya. Dilansir dari medcom.id Rizieq Shihab dan menantunya Muhammad Hanif Alatas tidak memenuhi panggilan pemeriksaan pada Selasa, 1 Desember 2020. Rizieq absen karena sakit, sedangkan Hanif mengikuti agenda lain.

Penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya kembali melayangkan panggilan kedua untuk Rizieq Shihab dan menantunya Hanif Alatas tekait kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Kesimpulan

Video yang disebut-sebut aksi pengawalan Rizieq Syihab adalah hoaks. Video tersebut diambil saat penjemputan Rizieq Syihab di Bandara Soekarno Hatta Jakarta pada 10 November 2020.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini