CEK FAKTA: Hoaks Uji Coba Air Keran dengan Alat Swab Antigen Hasilnya Positif

Rabu, 28 Juli 2021 13:15 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Uji Coba Air Keran dengan Alat Swab Antigen Hasilnya Positif Tes Antigen Acak Pengguna KRL di Stasiun Manggarai. ©2021 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Beredar video yang menampilkan seorang satpam sedang menguji coba air keran dengan alat swab antigen. Setelah air keran diteteskan ke dalam alat swab hasilnya adalah positif.

Video tersebut juga berisi imbauan khususnya kepada karyawan untuk tidak test swab antigen karena hasilnya akan tetap positif.

Penelusuran

Hasil penelusuran terkait klaim uji coba air keran dengan alat swab antigen dan hasilnya positif adalah salah. Dilansir dari laporan hoaks Kominfo, video yang beredar tersebut langsung diklarifikasi oleh Kementerian Kesehatan dan dapat dijelaskan secara ilmiah.

hoaks uji coba air keran dengan alat swab antigen hasilnya positif
Kominfo

Dijelaskan semua alat tes swab antigen yang mempunyai izin edar resmi di Indonesia pasti melewati uji validasi dari Balitbangkes dan dievaluasi setiap 3 bulan. Sesuai persyaratan WHO, alat swab antigen yang direkomendasikan adalah yang memiliki sensitivitas 80% atau lebih dan spesifitas 97% atau lebih.

Pada video ini tidak jelas alat yang digunakan alat apa. Jika benar alat swab antigen apakah memang alat tersebut termasuk merk yang sudah mendapatkan izin edar resmi dari pemerintah, karena pemeriksaan dengan alat ini seharusnya menggunakan larutan penyangga (buffer) dengan pH tertentu, dan bila digantikan dengan air keran, ada perbedaan pH dan ion sehingga hasilnya bisa salah.

Jadi, melakukan hasil pemeriksaan yang tidak sesuai dengan instruksi dan dilakukan bukan dengan ahlinya maka hasilnya akan salah, karena alatnya menjadi rusak. Hasil yang terlihat positif tidak bisa diartikan dengan positif yang sesungguhnya.

Kesimpulan

Informasi air keran jika diteteskan ke alat swab antigen dan hasilnya positif adalah tidak benar. Kemenkes menjelaskan, pemeriksaan dengan alat swab antigen seharusnya menggunakan larutan penyangga (buffer) dengan pH tertentu, dan bila digantikan dengan air keran, ada perbedaan pH dan ion sehingga hasilnya bisa salah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.kominfo.go.id/content/detail/36011/hoaks-video-satpam-uji-coba-air-keran-dengan-alat-swab-antigen-dan-hasilnya-positif/0/laporan_isu_hoaks [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Tes Swab
  4. Hoaks
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini