CEK FAKTA: Hoaks Tulisan Dosen IPB Sebut Antibodi Lebih Baik daripada Pakai Masker

Senin, 13 September 2021 13:15 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Tulisan Dosen IPB Sebut Antibodi Lebih Baik daripada Pakai Masker Ilustrasi masker. ©PixabayShutterstock

Merdeka.com - Sebuah tulisan mengatasnamakan Dosen Biokimia Institut Pertanian Bogor (IPB) Sri Nurdiati beredar di media sosial. Isi tulisan itu menyebutkan anti bodi lebih penting daripada memakai masker.

hoaks tulisan dosen ipb
Kominfo

"Banyak orang nggak sadar pentingnya "ANTIBODI" stoknya harus selalu ada. Orang lebih panik masker atau hand sanitizer hilang di pasaran. Harusnya kita lebih panik kalau "ANTIBODI" hilang di tubuh, karena virus tidak mungkin dihindari"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi tersebut bukan dari dosen FMIPA IPB.

Melalui situs resmi IPB berjudul "[INFORMASI PENTING] Dekan FMIPA IPB: yang viral itu bukan tulisan saya", Sri Nurdiati mengklarifikasi bahwa yang beredar bukan tulisannya.

"Namun sayang, artikel itu mencantumkan nama saya, lengkap dengan jabatan dan institusi saya, padahal bukan saya yang menulisnya. Akibatnya, saya harus mengklarifikasi pertanyaan yang datang tertubi-tubi ke saya, bahwa itu bukan tulisan saya," tulis Sri Nurdiati.

Dia juga meminta penyebar tulisan yang mengatasnamakan dirinya, untuk menghapus tulisan tersebut.

"Namun atas saran beberapa teman, saya kemudian mengirimkan email protes kepada pimpinan redaksi dari sebuah website yang memuat tulisan tersebut. Protes saya ditanggapi dengan permintaan maaf dari pimpinan redaksi dan janji akan menghapus artikel tersebut dari website nya. Setelah itu, pertanyaan yang isinya mengklarifikasi apakah itu tulisan saya atau bukan, sudah mulai mereda dan sempat terhenti beberapa saat."

Kesimpulan

Tulisan berisi informasi anti bodi lebih penting daripada memakai masker, dan mengatasnamakan dosen IPB Sri Nurdiati adalah hoaks. Sri Nurdiati tidak pernah menulis hal tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini