CEK FAKTA: Hoaks Tepung Terigu Bisa Sembuhkan Luka Bakar

Jumat, 2 Oktober 2020 07:51 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Tepung Terigu Bisa Sembuhkan Luka Bakar Ilustrasi tepung. bakerpedia.com

Merdeka.com - Informasi tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar beredar di media sosial Facebook. Informasi itu menyebutkan, jika ada luka bakar, maka tempelkan tepung terigu dan tunggu 5 sampai 7 menit.

hoaks tepung terigu bisa sembuhkan luka bakar

"Panasnya ga hilang dah hampir 2 menit ini pasti luka nantinya, langsung aja saya ambil tepung TERIGU, terus saya tempelkan di bagian yang sakit, kira-kira 5-7 menit baru saya lepas dan ratakan terigunya

Apa sakitnya hilang ? Ngak..panasnya masih terasa,tapi setelah ini efek dari lukanya bisa diminimalisir ga sampai melepuh,bahkan lukanya tidak jadi serius,sampai pernah saya alami lukanya hilang tidak membekas.

Berbeda dengan luka bakar yang pernah saya alami dan diobati dengan pasta gigi,putih telur,di alirkan air macam2 anjuran teman yang bereaksi membantu ketika tau kita mendapat luka, yang terjadi luka semakin parah".

Penelusuran

Penjelasan tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar dijelaskan dalam artikel detik health berjudul "Luka Bakar Bisa Diobati Pakai Tepung Terigu? Ini Kata Ahli" pada 25 Juni 2019.

Deborah Murray dari National Burn Centre, New Zealand, menyebut kalau informasi itu menyesatkan. Justru yang harus segera dilakukan agar luka tidak jadi parah adalah dengan mendinginkannya di air dingin mengalir selama 20 menit.

"Kami berusaha memberikan edukasi menjangkau orang-orang seluas mungkin. Pesan viral yang semacam ini bisa merusak apa yang sudah kami sampaikan dengan cepat," kata Deborah dikutip dari Stuff.

Tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI juga sudah melakukan investigasi dan menyebut pesan tersebut hoaks.

"Berdasarkan penelusuran, penggunaan tepung terigu untuk pengobatan luka bakar tidak direkomendasikan oleh ahli kesehatan karena dapat menyebabkan infeksi. Selain itu tidak ada sumber informasi modern dan kredibel yang merekomendasikan penggunaan tepung sebagai obat luka bakar," tulis Kominfo di situs resminya.

Kesimpulan

Informasi tepung terigu bisa menyembuhkan luka bakar adalah hoaks. Jika ada luka bakar, baiknya agar luka tidak jadi parah adalah dengan mendinginkannya di air dingin mengalir selama 20 menit.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini