CEK FAKTA: Hoaks Tautan Pendaftaran Bansos UMKM Tahan II

Kamis, 21 Januari 2021 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Tautan Pendaftaran Bansos UMKM Tahan II bansos dari pemprov jabar. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Sebuah tautan untuk pendaftaran Bantuan Presiden (BanPres) Produktif untuk Usaha Mikro beredar di media sosial. Tautan itu berisi sejumlah data yang harus diisi, seperti nama, nomor identitas KTP, hingga nomor ponsel.

hoaks tautan pendaftaran bansos umkm tahan ii
istimewa

"Assalamualaikum... bagi warga masyarakat kecamatan Kutawaluya yg blm mendapatkan bantuan UMKM program banpres kini sdh dibuka kembali pendaftaran online tahap II. silahkan buka link ini ya... semoga bermanfaat," katanya."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Link Informasi dan Pendaftaran Bansos BLT UMKM Tahap II" pada 20 Januari 2021, dijelaskan bahwa program Bansos UMKM Tahap II hanya diumumkan melalui website resmi @kemenkopukm atau dari Dinas Koperasi tingkat daerah.

Terkait beredarnya unggahan tersebut, Kepala Bagian Humas dan Advokasi Hukum Kementerian Koperasi (Kemenkop) dan UKM, M. Sahrul menyatakan bahwa informasi yang beredar tidak benar.

"Kementerian Koperasi dan UKM tidak pernah meminta data pribadi secara langsung kepada penerima Banpres produktif," kata Sahrul saat dimintai keterangan pada Rabu (20/1/2021).

Mengingat penipuan yang mengatasnamakan Bantuan Presiden (Banpres) sedang marak di media sosial, ia meminta masyarakat untuk berhati-hati.

"Diharapkan dapat lebih bijak dan berhati-hati dalam menerima informasi atau pun membagikan data pribadi, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," tambah Sahrul.

Sahrul mengatakan, formulir elektronik yang tersebar selain dari situs resmi Kemenkop UKM perlu diwaspadai.

Terkait pendaftaran bansos UMKM, Sahrul juga meminta masyarakat untuk menunggu informasi dari media sosial resmi @kemenkopukm atau dari Dinas Koperasi di tingkat daerah.

"Tunggu informasi hanya di website dan saluran resmi @kemenkopukm dan Dinas Koperasi di daerah masing-masing untuk mendapatkan informasi yang benar," tambahnya.

Kesimpulan

Tautan yang mengarah ke pengisian data untuk Bansos UMKM Tahan II adalah hoaks. Pihak Kemenkop UKM tidak pernah menyebarkan tautan tersebut di media sosial lain.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini