CEK FAKTA: Hoaks Tanpa Tes Swab Bisa Deteksi Covid-19

Rabu, 23 September 2020 10:33 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Tanpa Tes Swab Bisa Deteksi Covid-19 Pedagang Pasar Ceylon dan pasukan oranye jalani tes swab Covid-19. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Informasi cara mendeteksi Covid-19 dalam tubuh tanpa tes swab beredar di media sosial Facebook. Informasi itu menyebutkan beberapa gejala Covid-19 yang bisa dirasakan oleh tubuh pasien.

hoaks deteksi covid 19 tanpa tes swab
Kominfo

"Bagaimana Anda tahu Anda tertular virus corona tanpa swab test?

1. Gatal di tenggorokan.

2. Tenggorkan kering.

3. Batuk kering.

4. Suhu tinggi 37,5 up.

5. Sesak nafas.

6. Kehilangan indra perasa& bau.

7. covid toes - jari kaki membiru".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com informasi mendeteksi Covid-19 tanpa tes swab adalah hoaks. Dalam artikel liputan6 berjudul "Cek Fakta: Tidak Benar Klaim Bisa Deteksi Virus Corona Covid-19 di Tubuh Tanpa Swab Test" pada 22 September 2020, dijelaskan bahwa mendeteksi Covid-19 tetap menggunakan tes swab.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim tersebut dengan menghubungi dr Karina Maya. Ia menyebut klaim dalam pesan berantai tersebut tidak benar.

"Pada dasarnya kita tidak pernah tahu adanya covid-19 di tubuh kita tanpa adanya tes swab PCR. Pemeriksaan PCR dengan swab pada bagian nasofaring dan atau orofaring dianggap sebagai golden standard atau standar utama untuk orang terduga covid-19," ujar dr Karina saat dihubungi Liputan6.com, Senin (21/9/2020).

"PCR dianggap gold standard atau standar utama karena bisa mendeteksi materi genetik virus covid-19 yang pada pemeriksaan lain tidak bisa terdeteksi. Tes lain itu cuma bisa mendeteksi antibodi kita terhadap virus."

"Sensitivitas PCR di angka hingga 98 persen dan spesifitas 99 persen, tidak 100 persen karena semakin lama kita periksa PCR swab dari waktu terpapar hasilnya maka bisa jadi negatif. Artinya virus covid-19 nya udah enggak ada lagi di badan kita, tapi mungkin dulu pernah terpapar.

"Yang jelas tidak bisa menentukan tubuh kita terinfeksi virus covid-19 hanya berdasar asumsi atau pengalaman. Harus ada pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter dan bila diperlukan dilanjut dengan pemeriksaan radiologis dan PCR."

Kesimpulan

Informasi tanpa tes swab bisa mendeteksi Covid-19 adalah hoaks. Tes swab PCR tetap diperlukan untuk mendeteksi Covid-19.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini