CEK FAKTA: Hoaks Tangkapan Layar Liputan6 Soal Pengikut Rizieq Tergeletak di Jalan

Selasa, 8 Desember 2020 16:13 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Tangkapan Layar Liputan6 Soal Pengikut Rizieq Tergeletak di Jalan Berita hoax. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul "Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan."

Tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul "Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan" terdapat keterangan penulis dan waktu artikel dimuat, serta foto empat orang yang sedang tiduran di jalan raya mengenakan pakaian yang minim.

hoaks tangkapan layar liputan6 soal pengikut rizieq tergeletak di jalan
©Liputan6.com

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan mencari artikel "Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan" di situs Liputan6.com.

Berdasarkan penelusuran dengan mencocokkan waktu artikel dimuat dan nama penulis, mengarah pada artikel berjudul "Polisi Sebut 4 Pengikut Rizieq Shihab Anggota Laskar Khusus Kabur Usai Baku Tembak". Pada artikel tersebut terdapat kesamaan nama penulis Ady Anugrahadi dan waktu muat artikel, pada 7 Desember 2020, pukul 13.30 WIB.

Kemudian foto yang dimuat adalah Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran berkunjung ke Markas Polsek Cengkareng, Jakarta Barat.

hoaks tangkapan layar liputan6 soal pengikut rizieq tergeletak di jalan
Tangkapan layar hoaks mencatut Liputan6 (Kiri)- Artikel asli Liputan6 (Kanan) ©Liputan6.com

Redaktur Pelaksana News Liputan6.com Andry Haryanto menyatakan, klaim tangkapan layar artikel Liputan6.com empat pengikut Rizieq Shihab tergeletak di tengah jalan tidak benar. Tangkapan layar artikel tersebut telah diedit dari aslinya.

"Itu hoaks, saya menyayangkan adanya perbuatan mengubah berita Liputan6.com, ini tidak bisa dimaklumi karena akan meruncing permasalahan," kata Andry saat berbincang dengan Liputan6.com.

Kesimpulan

Tangkapan layar artikel Liputan6.com berjudul "Ke 4 pengikut Rizieq Shihab yang kabur tadi malam kini telah ditemukan tergeletak di tengah jalan" adalah hasil suntingan atau editan dari judul asli.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini