CEK FAKTA: Hoaks Taliban Umumkan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada 11 September

Selasa, 14 September 2021 16:00 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Taliban Umumkan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada 11 September Juru bicara Taliban, Zabihullah Mujahid. ©2021 AFP/HOSHANG HASHIMI

Merdeka.com - Informasi Taliban umumkan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada 11 September 2021 beredar di media sosial. Pengunggah informasi tersebut mengunggah sebuah foto saat pimpinan Taliban melakukan konferensi pers.

"The Taliban decided to hold a nation-founding ceremony on the day of the September 11 terrorist attacks to humiliate the United States," tulis pengunggah foto, dengan bahasa China, kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris.

hoaks taliban umumkan kemerdekaan afghanistan
istimewa

Berikut terjemahannya:

"Taliban memutuskan untuk mengadakan hari kemerdekaan negara pada hari serangan teroris 11 September untuk mempermalukan Amerika Serikat"

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi Taliban putuskan hari kemerdekaan Afghanistan pada 11 September 2021 adalah hoaks.

Dalam artikel AFP Fact Check berjudul "The Taliban has not 'announced Afghanistan's national day will be marked on September 11" pada 12 September 2021, dijelaskan bahwa Taliban tidak pernah mengeluarkan pernyataan tersebut.

Juga tidak ada laporan resmi terkait informasi Taliban mengadakan upacara hari nasional pada 11 September.

Kemudian foto dicari dengan Google Reverse Image. Hasilnya, foto yang diunggah tersebut diambil dari video yang diposting oleh media China CGTN pada 18 Agustus berjudul "Taliban mengadakan konferensi pers pertama di Kabul".

Taliban mengadakan konferensi pers pertamanya di Kabul pada 17 Agustus, menyusul pengambilalihan wilayah oleh kelompok garis keras Islam di Afghanistan.

Juru bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kelompok itu tidak akan melakukan balas dendam terhadap lawannya.

Kesimpulan

Informasi Taliban umumkan Hari Kemerdekaan Afghanistan pada 11 September 2021 adalah hoaks. Tidak ditemukan informasi resmi terkait hal tersebut. Kemudian foto yang diunggah adalah saat Taliban melakukan konferensi pers pertama kali pada 17 Agustus 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Afghanistan
  4. Taliban
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini