CEK FAKTA: Hoaks Surat Permohonan Pinjaman Dana Mengatasnamakan Gubernur Ridwan Kamil

Jumat, 13 November 2020 14:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Surat Permohonan Pinjaman Dana Mengatasnamakan Gubernur Ridwan Kamil Gubernur Ridwan Kamil di Istana Bogor. ©2020 Istimewa

Merdeka.com - Sebuah surat pinjaman uang mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Surat itu berisi permohonan pinjaman dana sebesar Rp550.000.000.000 (lima ratus lima puluh juta rupiah) kepada Presdir PT Daya Adicipta Motora, Krisgianto Lilikwargawidjaja.

hoaks surat pinjaman uang atas nama ridwan kamil
Instagram/@jabarsaberhoaks

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, surat permohonan pinjaman dana mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah hoaks. Dikutip dari Instagram @jabarsaberhoaks, surat tersebut merupakan surat palsu.

Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat menegaskan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak pernah meminjam uang kepada pejabat Bank Dunia dan presiden direktur distributor utama motor Honda.

“Dipastikan ini adalah surat palsu. Meskipun kenal secara pribadi, tapi Pak Gubernur tidak pernah memohon pinjaman uang baik atas nama pribadi apalagi atas nama Gubernur Jawa Barat,” tegas Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jawa Barat Hermansyah, di Kota Bandung, Rabu (11/11/20).

Kedua surat palsu itu mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat lengkap dengan lambang garuda, cap kegubernuran, dan tandatangan yang mirip dengan nama di bawahnya Moch Ridwan Kamil. Seolah – olah surat itu asli padahal palsu.

“Dipastikan ini semuanya palsu, dari mulai cap kegubernuran, lambang negara, tandatangan, format surat yang tanpa disertai nomor dan tanggal surat, nomor telepon yang disertakan via email, serta alamat email yang dipakai mengirim suratnya pun palsu,” jelas Hermansyah.

Dia menjelaskan, Pemda Provinsi Jawa Barat mengetahui beredar surat palsu ini setelah diberitahu sendiri oleh delegasi Vivek Pathak bernama Jack Sidik. “Rupanya Mr. Vivek sudah menyadari surat ini palsu dan meminta agar Jack Sidik memberitahu kami. Belakangan surat palsu juga dikirim ke Presdir Daya Adicipta,” ungkap Hermansyah.

Menurutnya, surat palsu ini telah mencoreng nama baik Gubernur Jawa Barat dan Pemda Provinsi Jawa Barat. Dalam waktu dekat, Biro Hukum Setda akan memproses ini ke polisi. “Pemalsuan dokumen negara itu pelanggaran hukum. Kami akan laporkan ini ke pihak berwajib agar diusut tuntas. Pelakunya harus dihukum setimpal. Kemungkinan orangnya sama,” tutup Hermansyah.

Kesimpulan

Surat permohonan pinjaman dana mengatasnamakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil adalah hoaks. Surat tersebut merupakan surat palsu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini