CEK FAKTA: Hoaks Surat Pengangkatan Tenaga Honorer Kemenkes

Jumat, 15 April 2022 15:18 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Surat Pengangkatan Tenaga Honorer Kemenkes CEK FAKTA: Hoaks Surat Pengangkatan Tenaga Honorer Kemenkes. Twitter @KemenkesRI

Merdeka.com - Beredar sebuah surat mengatasnamakan Kementerian Kesehatan berisi pengangkatan tenaga honorer. Surat itu tertulis tanggal 13 April 2022, nomor surat FR. 03.02/5/0235/2022 yang ditandatangani secara TNDE oleh Plt. Kepala Biro Kepegawaian, drg. Inda Torisia Hatang.

Isi surat tersebut mengenai pengangkatan tenaga kesehatan lewat informasi khusus untuk mengisi kuota CPNS. Tercantum juga kriteria khusus pengangkatan tenaga honorer di antaranya, berusia 35 tahun, memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku dan memiliki masa kerja 1-5 tahun secara terus menerus.

Penelusuran

Dilansir dari Kominfo, Biro Komunikasi Pelayanan Publik Kemenkes mengklarifikasi bahwa Kemenkes tidak pernah mengeluarkan surat tersebut, serta contact person yang tertera di dalam surat tersebut berasal dari Badan Kepegawaian Negara, bukan Kemenkes. Adapun Kepala Biro Organisasi dan SDM Kemenkes saat ini adalah Bapak Sundoyo, S.H., M.K.M., M.Hum.

cek fakta hoaks surat pengangkatan tenaga honorer kemenkes
Twitter @KemenkesRI

Selain itu, Kemenkes melalui akun Twitternya juga mengatakan bahwa surat pengangkatan tenaga honorer adalah surat palsu.

"KLARIFIKASI HOAKS PENGANGKATAN TENAGA HONORER KEMENKES❗

Pada 13 April 2022 telah beredar surat mengenai pengangkatan nakes lewat informasi khusus utk mengisi kuota CPNS

Faktanya, informasi itu hoaks.
@KemenkesRI tdk pernah mengeluarkan surat terkait pengangkatan tenaga honorer," tulis akun Twitter @KemenkesRI pada 14 April 2022.

Kesimpulan

Surat pengangkatan tenaga honorer Kemenkes adalah palsu. Kemenkes tidak pernah mengeluarkan surat terkait pengangkatan tenaga honorer.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://twitter.com/KemenkesRI/status/1514504399921758209
https://www.kominfo.go.id/content/detail/41214/hoaks-pengangkatan-tenaga-honorer-kementerian-kesehatan-ri/0/laporan_isu_hoaks

[lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini