CEK FAKTA: Hoaks Surat Bantuan Rp10 Juta dari Kementerian Agama

Selasa, 27 April 2021 13:57 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Surat Bantuan Rp10 Juta dari Kementerian Agama Gedung Kemenag. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi Kementeri Agama memberikan bantuan Rp10 juta untuk pesantren beredar di media sosial. Informasi berupa surat mengatasnamakan Kementerian Agama Republik Indonesia dan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam. Surat tersebut berisi persyaratan untuk bisa mendapatkan bantuan Rp10 juta dari Kemenag.

hoaks surat dari kemenag tentang bantuan rp10 juta
Instagram/@pendidikanpesantren

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Surat tersebut diunggah oleh akun Instagram @pendidikanpesantren pada 23 April 2021, yang menyatakan bahwa surat tersebut termasuk modus penipuan dan bukan surat resmi dari Kemenag.

"Hati-hati Modus Penipuan Bantuan yang Mengatasnamakan Dit PD Pontren.

Bahwa informasi perihal Program Bantuan Tahun Anggaran 2021 akan disampaikan secara resmi melalui Kantor Wilayah Kementerian Agama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, website www.ditpdpontren.kemenag.go.id, dan kanal media sosial resmi Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama."

Kesimpulan

Sebuah surat berisi bantuan Rp10 juta dari Kemenag untuk pesantren adalah hoaks. Surat tersebut bukan dari Kemenag, dan program bantuan dapat dilihat dari www.ditpdpontren.kemenag.go.id.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini