CEK FAKTA: Hoaks Supporter Ukraina Ditahan karena Coret Maskot Piala Dunia Qatar

Jumat, 2 Desember 2022 18:58 Reporter : Merdeka
CEK FAKTA: Hoaks Supporter Ukraina Ditahan karena Coret Maskot Piala Dunia Qatar Pesta Pembukaan Piala Dunia 2022 Qatar. ©2022 REUTERS/Amr Abdallah Dalsh

Merdeka.com - Muncul informasi di media sosial seorang supporter sepak bola Ukraina ditahan petugas keamanan di Piala Dunia Qatar 2022. Penggemar asal Ukraina ini disebut sedang mabuk dan mencoret Laéeb, maskot Piala Dunia 2022 dengan menambahkan kumis Hitler. Informasi ini diklaim dibuat dan disebarkan media Al Jazeera.

Salah satu pengguna Facebook mengunggah klaim tersebut pada 23 November dengan narasi seperti berikut.

"Fans sepakbola asal Ukraina ditahan di Qatar.
Tiga orang warga negara Ukraina yang mabuk telah ditahan pihak berwenang Qatar karena menambahkan Salam Nazi dan "kumis Hitler" pada gambar La'eeeb, maskot Piala Dunia 2022.
Sebelumnya, fans tersebut sudah merubah 10 poster maskot Piala Dunia di sekitar stadion Al Bayt.
[Aljazeera]
#pialadunia2022 #qatar"

2 dari 3 halaman

Penelusuran

Dilansir dari aljazeera.com, video beredar di media sosial sekilas identik dengan video yang pernah dikeluarkan Al Jazeera. Tetapi, nama stadion pada video yang beredar terdapat salah dieja - El Beit ditulis dengan ejaan Al Bayt, dan beberapa bahasa yang tidak sesuai dengan gaya jurnalisme Al Jazeera. Hal ini ditegaskan melalui klarifikasi yang diunggah melalui akun Twitter resmi @AlJazeera.

"A video on social media attributed to Al Jazeera has been circulating reffering to the arrest of Ukrainian fans during the FIFA World Cup.

The video in question is completely fake and Al Jazeera has never published any news related to this story," tulisnya 24 November 2022."

(Sebuah video di media sosial yang dikaitkan dengan Al Jazeera telah beredar merujuk pada penangkapan penggemar Ukraina selama Piala Dunia FIFA.

Video yang dimaksud benar-benar palsu dan Al Jazeera tidak pernah menerbitkan berita apa pun terkait cerita ini," tulisnya pada 24 November 2022).

Al Jazeeran menambahkan dalam video itu hanya menampilkan satu poster yang "dirusak" dengan La'eeb – tanpa menambahkan detail apa pun tentang lokasi persisnya. Hal ini bertentangan dengan prinsip jurnalis yang selalu memberikan informasi jelas kapan dan di mana peristiwa tersebut terjadi.

Oleh karena itu, tidak ada sumber kredibel yang dapat membuktikan kebenaran klaim itu.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim supporter bola asal Ukraina ditangkap petugas keamanan karena mencoret maskot Piala Dunia 2022 adalah hoaks. Media Al Jazeera, yang diklaim mengeluarkan berita itu telah mengonfirmasi bahwa pihaknya tidak membuat berita tersebut sehingga kebenarannya tidak dapat dibuktikan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=pfbid0U2sknnsB9N3kNeQB1dnJZLqZvTVb4uU2TXVqNtcm9if18n9aRSehDS3LczmcefqXl&id=100084953737761
https://www.aljazeera.com/news/2022/11/24/fact-check-a-fake-video-of-ukrainian-nazi-fans

Reporter Magang: Aslamatur Rizqiyah

[lia]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini