CEK FAKTA: Hoaks Sudah Ada Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18

Senin, 21 Juni 2021 10:48 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Sudah Ada Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 18 ilustrasi kartu prakerja. Liputan6.com

Merdeka.com - Informasi pendaftaran kartu Prakerja gelombang 18 hanya empat hari beredar di media sosial. Informasi itu menyebutkan bahwa pendaftaran kartu Prakerja dibuka pada hari Jumat, 18 Juni 2021 dan kembali ditutup pada hari Senin 21 Juni 2021.

hoaks pendaftaran kartu prakerja sudah ditutup
istimewa

"CEK DASBOARD PRAKERJA GELOMBANG 18 SUDAH RESMI DI BUKA JUMAT DAN DI TUTUP SENIN ,.. BURUAN"

Penelusuran

Hasil penelusuran merdeka.com, informasi terkait waktu pendaftaran kartu prakerja adalah hoaks. Dalam artikel Kompas.com berjudul "[HOAKS] Prakerja Gelombang 18 Sudah Dibuka Jumat dan Ditutup Senin" tayang pada 20 Juni 2021, dijelaskan bahwa pihak manajemen Kartu Prakerja menyebut kabar itu hoaks dan meminta masyarakat untuk memantau akun resmi Kartu Prakerja.

Tim Cek Fakta Kompas.com mengonfirmasi kebenaran unggahan tersebut pada Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Louisa membantah informasi yang beredar. Louisa menegaskan bahwa informasi itu tidak benar.

"Sangat tidak benar," ujar Louisa dikutip Kompas.com, Sabtu (19/6).

Pihaknya juga meminta masyarakat dapat memantau informasi secara resmi melalui sejumlah akun media sosial Prakerja. Baik itu Facebook maupun Instagram Kartu Prakerja.

"Media informasi resmi Kartu Prakerja hanya IG dan FB @prakerja.go.id," papar Louisa.

Adapun untuk gelombang selanjutnya masih menunggu keputusan.

"Gelombang 17 adalah gelombang terakhir untuk semester 1 tahun 2021. Untuk gelombang selanjutnya kami masih menunggu arahan dari Komite Cipta Kerja," ujar dia.

Kesimpulan

Kabar pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18 sudah dibuka Jumat lalu dan ditutup Senin ini adalah hoaks. Hingga saat ini pihak manajemen Kartu Prakerja masih menunggu arahan pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 18.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini