CEK FAKTA: Hoaks Suara Dalam Air di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air

Rabu, 13 Januari 2021 18:24 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Suara Dalam Air di Lokasi Jatuhnya Sriwijaya Air Pencarian Sriwijaya Air SJ-182. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Sebuah video penyelaman bawah laut beredar di media sosial. Video itu disebut-sebut diambil saat pencarian korban Sriwijaya Air yang jatuh beberapa waktu lalu.

"Serem ada suara tangisan di lokasi jatuh nya pesawat Sriwijaya air di antara potongan tubuh."

hoaks suara dalam air di lokasi jatuhnya sriwijaya air

istimewa

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut tidak terkait dengan jatuhnya Sriwijaya Air. Dalam artikel dream.co.id berjudul "Merinding, Pengakuan Penyelam Pencari JT610 Dengar Tangisan di Dalam Air" pada 13 November 2018, video itu diambil saat pencarian korban Lion air.

Pencarian korban Lion Air JT610 menyisakan sejumlah kisah aneh. Bahkan sanggup bikin bulu kuduk berdiri.

Kisah itu dituturkan oleh salah satu penyelam anggota Indonesia Divers Rescue, Hendrata Yudha. Dia mengaku sempat mendengar tangisan ketika menyelam di perairan Karawang, Jawa Barat.

" Kita menyelam di kedalaman 35 meter dan saat mencari puing-puing, terdengar ada suara tangisan seakan minta tolong," ujar Hendra, dikutip dari Pojoksatu.

Dia mengatakan suara tersebut tertangkap kamera bawah air yang digunakan dalam penyelaman. Menurut Hendra, peristiwa aneh itu terjadi pada hari ketiga operasi pencarian dijalankan.

"Suara tangisan itu masuk terekam audio di kamera saya," kata Hendra.

Ketika di darat, Hendra memindahkan hasil rekaman tersebut dari kartu SD ke komputer. " Kemudian terdengar jelas suara tangisan itu," ucap dia.

Dalam artikel indozone berjudul "Viral Video Lawas Evakuasi Lion Air JT-610, Ada Suara Tangis di Dasar Laut Bikin Merinding" pada 11 Januari 2021, dijelaskan bahwa suara tersebut terdengar cukup jelas.

Di tengah momen kesedihan itu, sebuah video lawas viral di media sosial. Video tersebut memperlihatkan personel penyelam tengah mengevakuasi jenazah korban pesawat Lion Air JT-610 yang jatuh pada 29 Oktober 2018 di lepas pantai Karawang, Jawa Barat.

Dalam video tersebut terdengar suara tangis di dasar laut saat petugas penyelam tengah mengevakuasi lokasi jatuhnya pesawat. Suara tersebut terdengar cukup lama.

Suara tangis tersebut menjadi misteri bagi petugas penyelam, sebab saat mereka tengah di dasar laut tidak mendengar suara tangis tersebut. Namun saat rekaman diperdengarkan di darat barulah terdengar suara tersebut.

"Suara-suara aneh yang sebetulnya orang bilang suara manusia, padahal secara di dalam air itu kan kita tidak bisa berbicara. Suara-suara seperti menangis atau dia minta tolong, itu yang menjadi salah satu misteri ketika menolong korban di bawah air," kata penyelam, Hendrata Yudha dalam video itu.

"Ada yang percaya ada yang tidak. Saya tau karena ada rekamannya, ketika di bawah tidak terdengar suara apa-apa. Tapi karena ada rekamannya waktu kamera saya masukan ke komputer baru muncul suara-suara itu," tambahnya.

Kesimpulan

Video suara saat penyelaman pencarian korban Sriwijaya Air adalah hoaks. Video itu diambil saat pencarian korban Lion Air 2018 lalu.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini