CEK FAKTA: Hoaks SMS Lazada Bagi-Bagi Hadiah Uang Tunai

Jumat, 25 September 2020 15:05 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks SMS Lazada Bagi-Bagi Hadiah Uang Tunai hoaks sms lazada bagi-bagi hadiah uang tunai. ©Kominfo

Merdeka.com - Beredar SMS diklaim berasal dari Lazada yang membagikan hadiah uang tunai sebesar Rp175 juta.

Dalam pesan disebut pembagian hadiah bagian dari “Program Semarak Lazada 2020” dan dalam pesan itu juga disertakan tautan.

"Resmi Dr Lazada Slmt Anda T-Pilih Mdptkan Uang Tunai Rp.175,000,000.- Dr Program Semarak Lazada 2020 Kode ID_VSG88D9 U/info Klik www[dot]gebyarundian-ptlazada[dot]ml."

Penelusuran

Hasil penelusuran terkait SMS dari Lazada yang membagaikan hadiah uang tunai adalah modus penipuan. Dilansir dari Kompas.com, Lazada Indonesia informasi tersebut tidak benar.

Menurut perusahaan e-commerce ini, Lazada Indonesia mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Akun-akun resmi milik Lazada antara lain akun Facebook Lazada Indonesia, akun Twitter @lazaadaid, dan akun Instagram @lazada_id. Akun resmi Lazada Indonesia juga ada di YouTube Lazada Indonesia dan Line Lazada Indonesia.

Sementara, informasi Lazada bagi-bagi hadiah melalui SMS sudah sering terjadi. Pada tahun 2019, CMO Lazada Indonesia, Monika Rudijono, dalam keterangan resminya, menyatakan Lazada Indonesia mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Oleh sebab itu, perusahaan mengimbau masyarakat untuk tidak terkecoh dengan segala penipuan yang mengatasnamakan Lazada. Akun-akun resmi milik layanan e-commerce itu adalah Lazada Indonesia di Facebook (https://web.facebook.com/LazadaIndonesia), Twitter @lazaadaid, Instagram @lazada_id, YouTube Lazada Indonesia, Line[Lazada]( 3236775 “”) Indonesia.

Di luar akun tersebut, pengumuman kontes dan pemenang juga diumumkan di media online, cetak, radio, dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia.

"Semua konten dan kuis yang kami adakan hanya dilakukan dan diumumkan pada akun resmi Lazada Indonesia, serta media online, cetak, radio dan TV yang terakreditasi dan terdaftar di Dewan Pers Indonesia,” ungkap Monika yang dilansir dari liputan6.com.

Kesimpulan

SMS terkait Lazada bagi-bagi hadiah uang tunai adalah hoaks. Lazada Indonesia mengumumkan konten atau kuis apa pun melalui akun resmi perusahaan dan media terpercaya.

Akun-akun resmi milik layanan e-commerce itu adalah Lazada Indonesia di Facebook (https://web.facebook.com/LazadaIndonesia), Twitter @lazaadaid, Instagram @lazada_id, YouTube Lazada Indonesia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Lazada
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini