CEK FAKTA: Hoaks Shah Rukh Khan Puji Suara Lesti Kejora

Selasa, 17 November 2020 14:29 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Shah Rukh Khan Puji Suara Lesti Kejora Pacar baru Lesti. ©2020 Merdeka.com/instagram Lesti

Merdeka.com - Viral video reaksi Shah Rukh Khan terhadap Lesti yang menyanyikan lagu Hati Yang Kau Sakiti versi Korea. Salah satunya Channel Youtube Saiful Bahri Design mengunggah sebuah video Shah Rukh Khan tampak kagum mendengar suara merdu Lesti Kejora.

hoaks shah rukh khan puji suara lesti kejora

©Turnbackhoax

"Merinding saya mendengarnya. Suaranya luar biasa," ujar Shah Rukh Khan dalam video.

"Suaranya luar biasa. Melodinya bagus sekali dan kagum sama gadis ini, masih muda dan potensial," sambungnya.

Penelusuran

Hasil penelusuran, video reaksi Shah Rukh Khan memuji suara Lesti Kejora yang menyanyikan Lagu Hati Yang Kau Sakiti versi Korea adalah hasil suntingan.

Dilansir dari Turnbakhoax, video itu adalah video editan atau suntingan yang menggabungkan dua video yang berbeda. Video yang memperlihatkan Shah Rukh Khan diambil dari tayangan BBC Asian Network pada 21 Juni 2012.

hoaks shah rukh khan puji suara lesti kejora

©Turnbackhoax

Hasil penelusuran terhadap gambar potongan video yang diunggah oleh sumber klaim tersebut, ditemukan bahwa video Shah Rukh Khan tersebut adalah pada saat Shah Rukh Khan menjadi bintang tamu BBC Asian Network. Saat itu, Shah Rukh Khan menjadi DJ radio BBC Asian Network. Video itu diunggah di kanal Youtube BBC Asian Network dengan judul "Shah Rukh Khan sings live".

Sementara video yang memperlihatkan Lesty Kejora, itu adalah video yang diunggah oleh kanal Youtube BENI MULYANA SOPIAN dengan judul "Rossa – Hati Yang Kau Sakiti/상처 받은 마음 (COVER LESTI)” yang diunggah pada 31 Oktober 2020.

hoaks shah rukh khan puji suara lesti kejora

©Turnbackhoax

Kesimpulan

video reaksi Shah Rukh Khan memuji suara Lesti Kejora yang menyanyikan Lagu Hati Yang Kau Sakiti versi Korea adalah hasil suntingan. Video tersebut diambil dari dua video yang berbeda.

Video yang memperlihatkan Shah Rukh Khan diambil dari tayangan BBC Asian Network pada 21 Juni 2012. Sementara itu, video yang memperlihatkan Lesty Kejora, itu adalah video yang diunggah oleh kanal Youtube BENI MULYANA SOPIAN pada 31 Oktober 2020.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini