CEK FAKTA: Hoaks SBY dan AHY Tersangkut Kasus Korupsi

Jumat, 19 Februari 2021 11:20 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks SBY dan AHY Tersangkut Kasus Korupsi Agus Yudhoyono. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono bersama Agus Yudhoyono tersangkut kasus korupsi beredar di media sosial. Informasi itu beredar melalui video berdurasi 10 menit berjudul "G3LAPKAN DANA MILIARAN RUPIAH, NASIB SBY & AHY DIUJUNG TANDUK ~ BERITA TERBARU".

hoaks sby dan ahy tersangkut kasus korupsi
istimewa

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com,informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel antaranews berjudul "Hoaks! SBY-AHY terjaring OTT KPK" pada 18 Februari 2021, dijelaskan bahwa isi video tersebut tidak ada penjelasan tentang SBY dan AHY yang tersangkut kasus korupsi.

Kemudian, tidak ditemukan informasi resmi terkait SBY dan AHY yang tersangkut kasus korupsi.

Video milik kanal Youtube SKEMA POLITIK itu sebenarnya membahas dugaan suntikan dana Rp9 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemerintah Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, untuk yayasan yang dibentuk oleh AHY yaitu Yudhoyono Foundation.

Dana itu disebut akan digunakan untuk pembangunan museum dan Galeri SBY-ANI di Pacitan.

Penjelasan terkait dana pembangunan museum, dijelaskan dalam artikel merdeka.com berjudul "Warganet Soroti Dana Hibah Pemerintah untuk Pembangunan Museum SBY-Ani, Ini Faktanya" pada 17 Februari 2021.

Bupati Pacitan, Indarto menjelaskan bahwa ada alokasi sebesar Rp9 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Jawa Timur (Jatim) yang dihibahkan untuk pembangunan Museum SBY-Ani.

Penjelasan Indarto ini merespons adanya salah paham di kalangan warganet. Mereka memperkirakan hibah Museum SBY-Ani berasal dari APBD Kabupaten Pacitan.

"Hibah dari Pemprov Jatim, bukan dari APBD Pacitan," terangnya, Selasa (16/2/2021), seperti melansir dari liputan6.com.

Sementara itu, Bendahara Umum Partai Demokrat Renville Antonio menyatakan bahwasanya Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tidak pernah meminta hibah tersebut. "Yang pertama, Pak SBY tak pernah meminta," ungkapnya kepada wartawan di Surabaya.

Kesimpulan

Informasi SBY dan AHY tersangkut kasus korupsi adalah hoaks. Tidak ditemukan informasi resmi terkait hal tersebut, dan video yang beredar tidak menyebutkan adanya kasus korupsi yang menjerat SBY dan AHY.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini