CEK FAKTA: Hoaks Samsung Indonesia Bagikan Bantuan Berupa Ponsel

Senin, 3 Agustus 2020 11:04 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Samsung Indonesia Bagikan Bantuan Berupa Ponsel Ilustrasi smartphone. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Informasi Samsung Indonesia mengadakan bantuan pendidikan beredar di media sosial Facebook. Informasi tersebut bersumber dari akun Fanpage Facebook mengatasnamakan Bantuan Samsung Indonesia.

hoaks bantuan pendidikan samsung
Facebook

Dalam fanpage tersebut, dijelaskan bantuan yang diberikan berupa 1 Unit Samsung Galaxy A10 untuk 1 orang. Ada sejumlah persyaratan yang harus dilakukan agar mendapat bantuan tersebut.

"Syarat yang harus di penuhi :
1. Like Fanspage & Postingan ini.
2. Komentar : "saya mau" sebanyak banyaknya di kolom komentar postingan Bantuan Samsung
3. Share postingan ini ke timeline, dan tag 10 teman kamu untuk menginformasikannya."

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi bantuan pendidikan dari Samsung Indonesia adalah hoaks. Samsung Indonesia melalui akun Twitter resminya @samsungID menegaskan bahwa Samsung hanya memiliki satu akun resmi.

"Harap waspada ya dengan pihak yang mengatasnamakan Samsung. Samsung hanya memiliki 1 akun facebook page resmi yaitu: Samsung Indonesia. Akun tersebut sudah verified account atau lebih mudahnya yang sudah ada check list warna birunya"

Kemudian dalam artikel dari turnbackhoax berjudul "[SALAH] Fanpage Facebook Bantuan Samsung Pendidikan Adakan Program Bantuan Pendidikan" pada 2 Agustus 2020, dijelaskan bahwa foto yang digunakan pada unggahan tersebut merupakan foto yang diambil saat peluncuran resmi Samsung Galaxy S9 dan S9+ pada tahun 2018. Foto tersebut kemudian diedit sedemikian rupa untuk menyesuaikan dengan konteks narasi.

Kesimpulan

Informasi bantuan dari Samsung Indonesia melalui akun Facebook Bantuan Samsung Indonesia adalah hoaks. Samsung Indonesia tidak pernah mengumumkan hal penting selain dari website resmi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini